DetikNews
Selasa 15 Januari 2019, 15:52 WIB

Cara Seniman Kritik Fenomena Sosial Lewat Karya Visual

Nabilla Nufianty Putri - detikNews
Cara Seniman Kritik Fenomena Sosial Lewat Karya Visual Foto: @aganharahap/ Instagram
Jakarta - Kritik bisa disampaikan dengan cara apapun di negara yang demokrasi ini, sebab kritik adalah hal lumrah. Itulah yang coba disampaikan oleh seniman visual asal Yogyakarta Agan Harahap, setelah membuat karya terbarunya yang diunggah lewat akun Instagram pribadi.

Seniman gambar yang berdomisili di Yogyakarta ini membuat ilustrasi grup girlband asal Korea Selatan BLACKPINK seolah ditangkap oleh Satpol PP lalu terlihat berada di markas bareskrim.

"Gua sejujurnya kesel dengan keadaan sosial yang terjadi belakangan ini dan karya ini merupakan sarkas gua untuk ngomongin fenomena sosial yang terjadi belakangan ini" kata Agan saat dihubungi, Senin (14/1/2019).

Dalam akun Instragram-nya @aganharahap, tidak sedikit artis-artis Indonesia lainnya yang memberikan komentar apresiasi, seperti Cathy Sharon dan Sandy Canester terhadap karya tersebut.

Untuk membuat sebuah karya visual yang mengundang tawa sekaligus satir ini, Agan mengaku hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

"Ngerjain ini sehari aja, Sebetulnya 2 hari sih karena gua sempet sakit," ungkapnya.

Agan mengaku pembuatan karya itu terinspirasi dari kekagumannya terhadap respon perusahaan e-commerce Shopee terhadap petisi yang dilayangkan oleh sekelompok orang.

Billboard Shopee-BLACKPINK di kawasan Pondok Indah, Jakarta SelatanBillboard Shopee-BLACKPINK di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan/Foto: Dok. Shopee


"Menurut gua itu adalah solusi yang cerdas, dengan membikin setengah badan BLACKPINK dengan animasi tanpa menghilangkan esensi, malahan menambah nilai dari estetika iklan tersebut," Jelas Agan.

Jadi bagaimana menurut anda? Sudahkah iklan Shopee yang terbaru lebih baik?
(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed