DetikNews
Senin 14 Januari 2019, 17:25 WIB

Sandi Janji Revitalisasi 20 Juta Hektare Lahan Rusak Jadi Industri Sawit

Indra Komara - detikNews
Sandi Janji Revitalisasi 20 Juta Hektare Lahan Rusak Jadi Industri Sawit Foto: Sandiaga Uno (Arif Syaefudin/detikcom)
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno memaparkan rencananya mengelola industri sawit jika terpilih nanti. Dia mengatakan akan merevitalisasi 20 juta hektar lahan rusak untuk peningkatan produktivitas sawit.

"Kita akan revitalisasi 20 juta hektare dari lahan rusak yang unproduktif sekarang untuk ditanami, tapi dengan sistem tumpangsari. Bukan hanya sawit tetapi juga gula aren," kata Sandiaga di Ayana Midplaza, Jakatta, Senin (14/1/2019).


Dia menyatakan upaya ini bisa menciptakan permintaan untuk industri sawit yang disebutnya sedang jeblok. Sebab menurutnya, industri sawit tanah air sedang jadi sorotan LSM dari luar negeri.

"Kita harapkan dengan kebutuhan energi kita yang dekat dengan teknologi yang sekarang jauh lebih maju, kita bisa menciptakan permintaan untuk industri kelapa sawit yang sekarang lagi jeblok harganya dan juga lagi diserang habis-habisan oleh LSM-LSM luar negeri," katanya.


Mantan Wagub DKI itu tak ingin industri kelapa sawit jadi sorotan negara-negara lain. Maka itu langkah meningkatkan produktivitas sawit akan didorong, sekaligus menjadi pintu terciptanya lapangan kerja.

Berkampanye di beberapa daerah, Sandiaga mengaku mendapat laporan tentang harga sawit anjlok. Dalam kasus ini, menurut Sandi, pemerintah tidak hadir untuk membantu petani agar harga sawit terangkat kembali.

"Saya turun di beberapa wilayah di Sumatera dan di beberapa daerah di Kalimantan mengeluhkan bahwa harga sawitnya anjlok dan pemerintah tidak hadir untuk membantu para petani kecil ini yang yang mengakibatkan penghasilan mereka menurun dan kesejahteraan mereka akhirnya sangat terdampak," sebut Sandi.



Saksikan juga video 'Sandiaga Siapkan Sesi Khusus Bersama Pakar Jelang Debat':

[Gambas:Video 20detik]



Sandi Janji Revitalisasi 20 Juta Hektare Lahan Rusak Jadi Industri Sawit



(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed