DetikNews
Senin 14 Januari 2019, 13:05 WIB

CVR Lion Air akan Diserahkan ke KNKT

Lisye Sri Rahayu - detikNews
CVR Lion Air akan Diserahkan ke KNKT Foto: CVR Lion Air PK LQP (Dok. PUSHIDROSAL)
Jakarta - Cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang ditemukan akan langsung diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). CVR Lion Air akan dibawa ke Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Dengan kapal ini kita bawa ke JICT, selanjutnya akan kita serahkan ke KNKT," ujar Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono di KRI Todak 631, Senin (14/1/2019).

Saat ini Pangkoarmada I bersama rombongan menuju perairan Karawang, lokasi penemuan CVR. CVR Lion Air ditemukan sekitar pukul 08.45 WIB dan berhasil diangkat dari kedalaman laut lebih dari 30 meter.

"Kerja keras kita sama KNKT tentunya dan KRI Spica melaksanakan operasi bersama di sana selama kurang lebih 6 hari kerja. KRI Spica kemudian tim dari Komando Pasukan Katak Koarmada I dan Dinas Penyelamatan Bawah Air Koarmada I. Alhamdulillah tadi pagi barangnya sudah ketemu dan ini kita akan ke sana untuk mengambil barang itu," papar Yudo.

Sebelumnya, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, CVR Lion Air akan dibawa ke kantor KNKT untuk dianalisis. Saat ini CVR Lion Air masih berada di perairan Tanjung Karawang.






"Nanti dari daratan langsung dibawa ke KNKT," kata Soerjanto terpisah.

Soerjanto juga belum mengetahui kondisi CVR Lion Air PK-LQP yang ditemukan tim penyelam dari TNI AL pagi tadi.

"Saya belum tahu, mudah-mudahan masih baik," ujarnya.

(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed