DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 14:28 WIB

Kepala BNPB Minta Pantai Ditanam Pohon untuk Tahan Tsunami

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kepala BNPB Minta Pantai Ditanam Pohon untuk Tahan Tsunami Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (Arief/detikcom)
Pandeglang - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengunjungi Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, yang menjadi salah satu lokasi tsunami Selat Sunda. Doni meminta pantai ditanami pohon-pohon untuk menahan tsunami.

Pantauan di lokasi, Sabtu (12/1/2019), Doni ditemani Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikora Karnawati dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Perhatian Doni tertuju pada pohon ketapang di pinggir pantai.

"Harusnya, pohon ini diperbanyak dan dipadatkan," ucap Doni di lokasi.


Menurut Doni, pohon bisa mengurangi kecepatan arus ombak sehingga akan meminimalkan jumlah korban jiwa.

"Ada sebuah permukiman di daerah Carita itu terlindungi karena di bagian bibir pantainya banyak pohon. Pohon jenis di sana itu bisa menahan laju kecepatan air sampai 80 persen, jadi sebagian terlindungi di sana," kata Doni.


Doni pun meminta pemerintah desa mulai membudidayakan pohon ketapang. Anggarannya jauh lebih murah dibanding membangun infrastruktur bangunan penahan tsunami.

"Desa kan punya dana desa. Kalau buatan kan mahal, kalau alami, meski lama, tapi sudah jadi tradisi," ucap Doni.



Simak juga video 'Anggaran Bencana di Tahun 2019 Naik Jadi Rp 15 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed