DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 08:59 WIB

Kiat PKPI Agar Tak Lagi Nol Koma: Kejar Suara Para Gamers

Haris Fadhil - detikNews
Kiat PKPI Agar Tak Lagi Nol Koma: Kejar Suara Para Gamers Verry Surya Hendrawan (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - PKPI memperoleh elektabilitas 0,3% dalam survei yang dirilis oleh Alvara Research Center. Salah satu kiat PKPI agar elektabilitasnya naik ialah mengembangkan departemen eSport untuk menjaring suara para gamers.

"Kami terus bekerja secara masif, untuk melakukan konsolidasi, sosialisasi, kanvasif, micro targeting dalam kampanye ini dengan lagsung turun kepada konstituen, itu satu. Kedua, dengan terus mengembangkan departemen kami yang baru, yaitu esport untuk menjaring anak-anak muda para gamers dan ketiga terus mengedepankan profil ketua umum kami," kata Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, Jumat (11/1/2019).


Dia menyatakan ada perbedaan ada perbedaan antara hasil survei internal PKPI dengan survei Alvara. Dalam survei internal, PKPI disebutnya sudah tembus angka 1%.

Hal tersebut disebutnya sudah sesuai harapan karena PKPI bahkan tak masuk dalam beberapa survei elektabilitas pada pertengahan 2018. Verry optimis PKPI bisa lolos ke parlemen dengan ambang batas 4%.

"Dari survei internal angka kami memang sudah di atas 1% dan ini sesuai dengan harapan di mana sejak Mei 2018 bahkan PKPI tidak masuk dalam survei yang diterbitkan lembaga survei," ujarnya.


Dalam survei Alvara, yang dilakukan pada periode 11-24 Desember 2018 dengan metode multistage random sampling, PKPI disebut mendapat elektabilitas 0,3%. Angka itu membuat mereka masih jauh dari ambang batas parlemen sebesar 4%.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka (face-to-face interview) kepada 1.200 responden terpilih dari 34 provinsi di Indonesia dengan margin of error 2,88 persen. Hasilnya, 3 partai teratas dihuni ole PDIP dengan elektabilitas 28,3% diikuti Partai Gerindra 17,3% dan Partai Golkar 9,9%.



Simak juga video 'Pemilih di Luar Dapil Tak Bisa Coblos Caleg di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed