DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 19:15 WIB

PPP Nilai Pembukaan Jalur Kereta Akan Tingkatkan Pariwisata di Jabar

Tia Reisha - detikNews
PPP Nilai Pembukaan Jalur Kereta Akan Tingkatkan Pariwisata di Jabar Ilustrasi/Foto: (dok PT KAI Daop 5 Purwokerto)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP, Reni Marlinawati menyambut positif rencana PT KAI untuk membuka atau mereaktivisasi beberapa jalur kereta di Jawa Barat. Rencana ini menurutnya akan meningkatkan geliat pariwisata dan perekonomian masyarakat.

"Jawa Barat sejak lama memang dikenal memiliki objek pariwisata yang sangat indah. Mulai dari pantai, hingga curug, dan lainnya," kata Reni dalam keterangan tertulis, Jumat (11/1/2019).

Ia menyebut selama ini masalah transportasi memang menjadi kendala bagi wisatawan untuk mengakses sejumlah lokasi wisata di Jabar. Sehingga menurut Reni, setelah sejumlah jalur transportasi dibuka sejumlah lokasi wisata akan mengalami lonjakan volume wisatawan.


Ia mencontohkan rencana jalur kereta dari Gambir, Jakarta, menuju Pangandaran akan membuat objek wisata Pantai Pangandaran yang selama ini terkenal keindahannya akan banyak dikunjungi wisatawan. Begitu juga di sejumlah daerah lain seperti Sukabumi dan lainnya.

"Bahkan para wisatawan sudah disuguhi pemandangan yang sangat indah saat mereka dalam perjalanan dengan kereta menuju sejumlah destinasi wisata di Jawa Barat. Banyak daerah pedesaan, kebun teh dan pemandangan lainnya yang bisa dinikmati selama perjalanan," tambah Reni.

Menurutnya, pembukaan jalur kereta baru ini juga akan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Banyak sentra ekonomi yang bisa mendapatkan keuntungan dari jalur ini seperti daerah penghasil ikan yang banyak di Jabar.


Seperti diketahui, dalam waktu dekat PT KAI akan mereaktivisasi empat jalur kereta, yaitu Cibatu-Cikajang, Bandung-Ciwidey, Banjar-Cijulang, dan Rancaekek-Tanjung Sari. PT KAI juga telah meluncurkan KA Pangandaran dengan relasi Stasiun Gambir-Stasiun Banjar dan akan diperpanjang hingga Pangandaran.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed