DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 17:09 WIB

Selesai Diperbaiki, Flyover Rawabuaya Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Indra Komara - detikNews
Selesai Diperbaiki, Flyover Rawabuaya Sudah Bisa Dilewati Kendaraan Foto: Dok. TMC Polda Metro Jaya
Jakarta - Perbaikan proyek flyover Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat sudah selesai. Jalan yang sempat ditutup sejak tanggal 27 Desember itu kini sudah dibuka dan bisa dilewati kendaraan.

"Sudah dibuka kemarin (sejak Kamis) 10 januari 2019 pukul 23.00 WIB," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar, Kementerian PUPR Jakarta Metro, Erwin, saat dihubungi, Jumat (11/1/2019).



Erwin menegaskan jalan sudah dibuka secara resmi, bukan uji coba. Jenis kendaraan yang bisa melintas juga normal, artinya tidak ada kendaraan yang dibatasi untuk melaju di flyover tersebut.

"(jenis kendaraan) Normal kembali, kami akan tetap monitor," kata Erwin.

Sebelumnya, Flyover Cengkareng kondisinya sempat renggang karena ada kerusakan di bagian pot bearing (karet bantalan jembatan). Pot bearing yang lama sekarang sudah diganti dengan yang baru.



Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menjelaskan pot bearing itu rusak karena jembatan yang sudah kelebihan beban atau overload. Menurutnya, hal itu biasa terjadi.

"Mungkin overload karena beban, biasa lah itu, jembatan-jembatan normal juga biasanya sendinya pot bearing-nya itu kadang kala kan pecah karena beban overload dan segala macam. Biasanya terus diganti, itu kan ada dalam pekerjaan kegiatan pemeliharaan jembatan," kata dia Kamis (27/12).



Simak juga video 'Renovasi Flyover Rawabuaya Ditargetkan Selesai Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed