DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 10:05 WIB

Tak Terkait Erupsi Gunung Agung, Ini Penyebab Bali Terasa Lebih Panas

Aditya Mardiastuti - detikNews
Tak Terkait Erupsi Gunung Agung, Ini Penyebab Bali Terasa Lebih Panas Ilustrasi Penampakan Gunung Agung (Angga Aliya ZRF/detikcom)
Jakarta - Belakangan ini cuaca di sekitar Denpasar, Bali, terasa panas menyengat. Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, cuaca panas ini tak terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Agung.

"Berdasarkan pantauan kami di beberapa lokasi stasiun pengamatan cuaca yang ada di Bali, dalam beberapa hari terakhir memang ada sedikit peningkatan suhu udara, khususnya suhu udara maksimum dan minimum harian. Namun hal ini bukan disebabkan karena pengaruh aktivitas Gunung Agung, melainkan karena faktor lainnya," kata Prakirawan BMKG Bali, Putu Agus Dedy Permana, ketika dimintai konfirmasi, Jumat (11/1/2019).


Putu menerangkan, cuaca panas ini dipengaruhi oleh posisi matahari masih di selatan ekuator sehingga Bali, yang berada di sisi selatan ekuator, mendapatkan panas berlebih.

"Pada saat ini, di bulan Januari posisi matahari masih berada di sebelah selatan ekuator, sehingga daerah-daerah yang berada di sebelah selatan ekuator, termasuk Bali akan mendapatkan panas yang berlebih. Selain karena faktor posisi matahari, juga karena faktor cuaca akhir-akhir ini yang cenderung cerah berawan pada siang hari di beberapa wilayah di Bali yang menyebabkan wilayah tersebut mendapat panas yang lebih banyak akibat sedikitnya awan yang menghalangi panas yang dipancarkan matahari," urainya.


Putu menjelaskan, cuaca panas juga dirasakan pada malam hari. Penyebabnya adalah panas yang dilepaskan tertahan oleh awan.

"Selain itu, pada malam hari cuaca cenderung berawan sehingga panas yang harusnya dilepaskan oleh permukaan daerah setempat tertahan oleh awan yang menyebabkan suhu semakin hangat pada malam hari jika dibanding pada saat tidak ada awan," terang Putu.
(ams/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed