DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 17:28 WIB

Pemuda Muhammadiyah Beri 3 Borgol ke KPK untuk Simbol, Apa Maksudnya?

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pemuda Muhammadiyah Beri 3 Borgol ke KPK untuk Simbol, Apa Maksudnya? PP Pemuda Muhammadiyah beri 3 buah borgol ke KPK sebagai simbol dukungan. Apa makna dari 3 borgol tersebut? (Ibnu Hariyanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Pimpinan KPK Diteror
Jakarta - PP Pemuda Muhammadiyah memberi dukungan moral kepada KPK atas teror bom yang ditujukan ke pimpinan. PP Pemuda Muhammadiyah menyerahkan 3 borgol sebagai simbol dukungan.

"Sebagai simbolnya, kami akan berikan 'oleh-oleh' berupa borgol kepada KPK ada 3 buah borgol," kata Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar A Tawalla, di gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).


Dia menjelaskan tiga borgol itu punya makna berbeda. Dzulfikar mengatakan borgol pertama untuk dukungan pengusutan kasus penyidik senior KPK Novel Baswedan. Borgol kedua, dukungan atas teror kepada pimpinan KPK.

Sedangkan borgol terakhir, dukungan atas upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Borgol diterima Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

"Tiga buah borgol ini tentu kami berharap ini yang pertama untuk kasus Novel Baswedan. Kedua, untuk pelaku teror pimpinan KPK; dan ketiga ini kepada penegakan hukum, simbol penegakan hukum pelaku koruptor. Dan ini saya serahkan ke Mas Febri," ucapnya.


Berikut ini pernyataan sikap dukungan PP Pemuda Muhammadiyah kepada KPK:

Mencermati ancaman terror bom terhadap Ketua KPK dan Wakil Ketua KPK pada tanggal 9 Januari 2019. Kami Pimpinan Pusat Pemuda Muhammdiyah menilai bahwa teror bom tersebut merupakan rangkaian untuk mengganggu konsentrasi KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi. Maka dengan demikian, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Meminta Presiden Republik Indonesia untuk memberikan perhatian serius terhadap agenda pemberantasan korupsi,

2. Mendesak Kepolisian Republik Indonesia untuk segera mengungkap pelaku penyiraman terhadap Novel Baswedan, karena kami menilai bahwa teror bom di rumah kedua pimpinan KPK merupakan peristiwa yang memiliki keterkaitan,


3. Memberikan dukungan penuh kepada KPK untuk tetap konsentrasi menyelesaikan kasus yang sedang diproses.

4. Meminta KPK untuk melanjutkan dan menuntaskan kasus yang selama ini mendapat perhatian masyarakat, seperti Kasus Century, BLBl, dan Sumber Waras.

Demikian pernyataan dukungan ini kami buat untuk menjadi perhatian semua pihak.



Simak juga video 'Polisi: Rumah Ketua KPK Diteror Pakai Bom Palsu':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/jbr)
FOKUS BERITA: Pimpinan KPK Diteror
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed