DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 14:36 WIB

Polisi Cek CCTV Arah Rumah Ketua KPK, Telusuri Pelaku Teror Bom Palsu

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Cek CCTV Arah Rumah Ketua KPK, Telusuri Pelaku Teror Bom Palsu Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
FOKUS BERITA: Pimpinan KPK Diteror
Jakarta - Polisi akan mengecek rekaman CCTV yang terpasang di dekat area rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi. Agus diteror dengan benda mirip bom pipa yang ternyata bom palsu.

"Kalau Pak Agus CCTV-nya rusak, kita akan minta CCTV yang ada di sekitar lokasi. Kita urut terus ke belakang CCTV-nya," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Bom palsu ditemukan dalam tas hitam yang disangkutkan di pagar rumah Agus sekitar pukul 05.30 WIB, Rabu (9/1). Hasil laboratorium forensik (labfor), serbuk putih dalam bom palsu itu merupakan senyawa semen.






"Kalau di Bekasi, dari hasil labfor adalah fake bomb, yang semula dicurigai di dalam tas berisi pipa paralon, sekring, kabel, paku dan serbuk putih yang dicurigai itu sebagai serbuk handak (bahan peledak) ternyata setelah dilakukan uji labfor adalah senyawa semen putih," sambung Dedi.

Agus Rahardjo, menurut Dedi, belum dimintai keterangan. Polisi menunggu kesiapan Agus di sela kesibukan sebagai pimpinan KPK untuk menyampaikan informasi soal teror bom palsu tersebut.





Sementara itu, terkait teror bom molotov di rumah Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, polisi memeriksa 12 saksi. Dua saksi di antaranya diperiksa di Polda Metro Jaya.

"Dari saksi-saksi ini sebagian besar menyimpulkan tidak secara spesifik melihat kejadian itu. Hanya sedikit percikan api, suara botol dilempar kemudian pecah. Kemudian tim menganalisa dan menyisir CCTV di TKP (tempat kejadian perkara)," ujarnya.



Saksikan juga video 'ICW Kutuk Keras Teror terhadap Para Penggawa KPK!':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Pimpinan KPK Diteror
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed