Sopiri Megawati-JK-Ma'ruf, Jokowi Hadiri HUT PDIP sebagai Presiden

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 10 Jan 2019 11:32 WIB
Presiden Jokowi menghadiri HUT ke-46 PDIP. (Foto: dok. PDIP)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) menghadiri HUT ke-46 PDIP hari ini. Di lokasi acara, Jokowi menyopiri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres Jusuf Kalla (JK), dan cawapres KH Ma'ruf Amin.

HUT ke-46 PDIP digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2019). Jokowi menghadiri acara ini mengenakan kemeja berwarna merah dan lencana di dada kiri.

Lencana yang dipakai Jokowi menandakan ia menghadiri HUT PDIP dalam kapasitas sebagai presiden. Ia juga hadir di lokasi menggunakan mobil RI-1. Acara HUT PDIP masuk agenda resmi kepresidenan.


"Sebagai presiden," ujar Stafsus Presiden Adita Irawati melalui pesan singkat.

Kehadiran Jokowi dalam acara-acara partai atau acara politik terkadang tidak terlepas dalam kapasitasnya sebagai calon presiden. Misalnya saat menghadiri deklarasi ulama Madura di Bangkalan, Jokowi tidak mengenakan lencana di dada kiri dan memakai mobil SUV yang tidak berpelat RI-1 atau Indonesia-1.


"Iya, juga kalau pakai mobil RI-1 berarti presiden. Kalau capres tentu nggak pakai itu," ujar Adita.

Meski demikian, Jokowi memiliki jabatan melekat sebagai presiden ataupun capres. Ada ketentuan tersendiri mengenai standar pengamanan Jokowi dalam kapasitas sebagai capres.

"Kalau perangkat tetap diperbolehkan nempel ke beliau sebagai capres. Ada aturannya," terangnya.


Saksikan juga video 'HUT PDIP, Jokowi: Indonesia Beruntung Punya Kader PDIP yang Militan':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/tor)