detikNews
Rabu 09 Januari 2019, 17:20 WIB

Sertijab Kepala BNPB, Willem ke Doni Monardo: Selamat Bertugas Jenderal

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sertijab Kepala BNPB, Willem ke Doni Monardo: Selamat Bertugas Jenderal Foto: Willem Rampangilei dan Letjen Doni Monardo (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala BNPB yang baru. Willem Rampangilei resmi menyerahkan jabatannya kepada Letjen Doni Monardo.

"Jenderal, selamat bertugas. Selamat mengemban amanah yang mulia ini. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah kepada Jenderal dalam melaksanakan tugas," ujar Willem dalam sambutannya, di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (9/1/2019).

Dalam kesempatan itu, Willem juga menyampaikan rasa syukurnya pernah mengomandoi lembaga penanggulangan bencana itu. Dia pun memuji seluruh jajaran BNPB yang selama tiga tahun ini mendampinginya.

"BNPB hanya diawaki 498 ASN. Jadi mereka ini, Pak Doni, tidak kalah dengan Kopassus. Saya merasa bersyukur karena mereka betul-betul pasukan khusus kemanusiaan. Mereka semua ini memiliki kemampuan multi-tasking," ujarnya.


Dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajaran BNPB yang disebutnya sebagai prajurit. Sebutan prajurit itu dilontarkan Willem karena mulai sekarang BNPB dibawah kepemimpinan seorang tentara.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Willem menitipkan dua pesan kepada awak BNPB. Pertama, terus meningkatkan kinerja dan mendukung penuh kinerja Doni sebagai Kepala BNPB yang baru.

"Kedua, yang tidak kalah penting, jangan pernah lelah, jangan pernah bosan dalam mewujudkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tangguh menghadapi bencana," kata Willem.

Sementara, Doni juga menyampaikan terima kasihnya kepada Willem atas dedikasinya selama memimpin BNPB dan telah memberikannya pengarahan sebelum bertugas. Doni mengaku masih perlu belajar untuk memimpin BNPB. Sebab, ini merupakan pertama kalinya ia bertugas di luar satuan TNI.

"Tentu saya harus belajar banyak kepada para prajurit pasukan khusus kemanusiaan. Tentu tanpa bantuan dari prajurit pasukan khusus kemanusiaan BNPB, saya mungkin tidak ada apa-apanya. Saya butuh waktu untuk bisa mendalami lebih jauh tentang semua manajemen, semua kegiatan, terutama juga apa yang telah dikerjakan," ujar Doni.


Doni juga berharap dirinya bisa diterima menjadi bagian dari BNPB. Tak ketinggalan, ia juga berterima kasih atas dedikasi dan kinerja Willem selama tiga tahun memimpin BNPB.

"Selamat jalan Pak Willem. Semoga tetap sehat, tidak berhenti mengabdi kepada bangsa dan negara. Kami lepas kepergian Pak Willem dari BNPB dengan semangat tidak kenal menyerah," katanya.

Seperti diketahui, Doni Monardo yang merupakan mantan Danpaspampres di era Presiden SBY dilantik sebagai Kepala BNPB hari ini. Doni dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.



Tonton juga video 'Jokowi Lantik Doni Monardo Jadi Kepala BNPB yang Baru':

[Gambas:Video 20detik]


(azr/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed