Polri: Tak Ditemukan Bahan Peledak di Benda Mirip Bom Pipa

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 09 Jan 2019 14:35 WIB
Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo diteror. (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Polisi belum menemukan bahan peledak pada benda mirip bom pipa rakitan di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo. Polisi menyebut bubuk putih dalam benda mirip bom adalah semen.

"Tapi kan ini tidak ditemukan bahan peledak, belum ditemukan. Yang ditemukan bubuk semen putih. Itu digantung itu di pagar," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo ketika saat dihubungi detikcom, Rabu (9/1/2019).

Benda mirip bom ini masih diteliti di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor). Rakitan benda mirip bom itu terdiri dari pipa, kabel, baterai, juga paku.







"Seperti fake bomb. Tim Puslabfor sedang memastikan, setelah hasil pemeriksaan keluar nanti akan kami umumkan," ujar Dedi.

Benda mirip bom ini ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB di rumah Agus di Perum Graha Indah, Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi. Ada pipa paralon dan detonator serta semen putih yang ditemukan.





Selain di rumah Agus Rahardjo, terjadi teror bom molotov di rumah Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. Ada dua molotov yang dilemparkan ke rumah Syarif di Kalibata, Jaksel. Satu molotov utuh, satu lagi pecah.

Polisi masih menyelidiki keterkaitan teror di rumah kedua pimpinan KPK ini.



Saksikan juga video 'Polri Terjunkan Densus 88 di Rumah Pimpinan KPK':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/fdn)