DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 10:40 WIB

Tak Jadi Dirazia, Anjing-Kucing di Ciracas Divaksin Rabies

Ibnu Hariyanto - detikNews
Tak Jadi Dirazia, Anjing-Kucing di Ciracas Divaksin Rabies Sosialisasi tentang rabies dan vaksinasi di Ciracas, Jakarta Timur. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Pemilik anjing dan kucing di Ciracas, Jakarta Timur, membawa hewan peliharaannya ke kantor Kelurahan Kelapa Dua Wetan. Mereka hendak mendapatkan vaksin rabies untuk anjing dan kucingnya.

Dari pantauan, Selasa (8/1/2019), setidaknya ada lima orang warga yang membawa kucing peliharaan masing-masing ke kantor kelurahan itu. Pemberian vaksin itu dilakukan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur. Selain itu, sosialisasi terkait penyakit rabies dilakukan para petugas tersebut.


Tak Jadi Dirazia, Anjing-Kucing di Ciracas Divaksin RabiesSosialisasi tentang rabies dan vaksinasi di Ciracas, Jakarta Timur. (Ibnu Hariyanto/detikcom)


"Ini untuk memberikan edukasi tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas rabies," ucap Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur Irma Budiyani saat ditemui di lokasi.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jakarta Timur Sofyan Tahir kembali mengatakan tidak ada razia anjing dan kucing liar. Kegiatan razia itu sebelumnya viral di media sosial hingga membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara meminta penundaan razia tersebut.


"Sebenarnya ada penangkapan, karena ada perintah dan ada protes dari komunitas penyayang binatang soal penangkapan, jadi kita lakukan sosialisasi saja," ucap Sofyan.

"Kepada masyarakat yang milik hewan peliharaan, baik anjing maupun kucing, yang minta vaksinasi kita akan terima tapi kegiatan penangkapan tidak dilakukan," imbuh Sofyan.

Sebelumnya, Anies meminta jajaran Dinas KPKP mengevaluasi sosialisasi penanganan hewan penular rabies (HPR). Anies juga meminta penundaan penangkapan anjing dan kucing liar yang menjadi sorotan di media sosial.
(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed