Prabowo akan Kunjungi Korban Gempa di Palu Hari Ini

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 08 Jan 2019 09:35 WIB
Capres Prabowo-Subianto (dok. ist)
Jakarta - Capres Prabowo Subianto hari ini berkunjung ke Sulawesi Tengah. Kunjungan itu dalam rangka menemui para korban bencana gempa-tsunami di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

"Siang ini Pak Prabowo akan berkunjung dan bersilahturahmi dengan para korban gempa, tsunami, dan likuifaksi yang kini tinggal di tenda pengungsian yang berada di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi. Dan Pak Prabowo juga akan berdialog dengan mereka," ungkap anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Abdul Karim Aljufri, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/1/2019).


Selain itu, Prabowo berencana melihat dan memantau langsung perkembangan penyaluran bantuan dari Partai Gerindra di wilayah tersebut. Abdul mengatakan Prabowo meminta kader Gerindra memberi bantuan setelah terjadi bencana pada akhir September 2018 itu.

"Sebab, sehari setelah bencana alam menghantam Palu, Donggala, dan Sigi, Pak Prabowo telah memerintahkan seluruh kader Partai Gerindra untuk turun dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam di Sulteng. Jadi kehadiran beliau juga untuk melihat perkembangan penyaluran bantuan yang diberikan oleh Partai Gerindra untuk para korban," tuturnya.


Politikus Gerindra itu menjelaskan, beberapa hari setelah terjadi bencana di Palu-Donggala, partainya langsung mendirikan dapur umum dan MCK. Selain itu, Gerindra mendirikan tenda pengungsian yang diberi nama 'Camp Garuda Yaksa'. Kamp tersebut saat ini dihuni warga sekitar di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi.

"Yang tinggal di tenda pengungsian kamp Garuda Yaksa saat ini sebanyak 56 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 196 jiwa. Mereka yang tinggal di sana merupakan masyarakat korban gempa, tsunami, dan likuifaksi yang berasal dari beberapa desa di wilayah Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi," papar Abdul.


Sementara itu, cawapres Sandiaga Uno hari ini akan berkegiatan di Jakarta. Sandiaga akan mengikuti dialog pendidikan bersama Prof Arief Rachman dan nonton bareng film 'Keluarga Cemara' bersama guru se-Jakarta.

Baca Juga: Pola Serangan 5:2 Prabowo-Sandi (mae/jbr)