detikNews
Senin 07 Januari 2019, 15:02 WIB

Rapat Perdana 2019, Jokowi Minta Mitigasi Bencana dan Pemilu Aman

Andhika Prasetia - detikNews
Rapat Perdana 2019, Jokowi Minta Mitigasi Bencana dan Pemilu Aman Foto: andhika/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna perdana di tahun 2019. Ia menekankan pentingnya mitigasi bencana.

"Pada 2018, pemerintah dan DPR mengalokasikan lebih banyak lagi anggaran untuk melakukan edukasi dan mitigasi bencana, dan sebagai negara di tempat rawan bencana, ring of fire kita harus siap, merespons, tanggung jawab menghadapi segala bencana alam," ujar Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Jokowi menjelaskan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat memberikan alokasi anggaran lebih banyak untuk edukasi dan mitigasi bencana. Apalagi, Indonesia berada di wilayah cincin api yang rawan akan bencana alam.

"Saya minta edukasi lebih baik, konsisten, lebih dini, masuk ke dalam muatan sistem pendidikan kita sehingga kita betul-betul siap menghadapi bencana yang ada," kata Jokowi.

 Selain mengingatkan pentingnya mitigasi bencana, Jokowi berpesan supaya Pemilu serentak 2019 yang akan digelar 17 April berjalan aman dan damai. Selain mengingatkan mitigasi bencana, Jokowi berpesan supaya Pemilu serentak 2019 berjalan aman. Foto: Andhika/detikcom


Selain mengingatkan pentingnya mitigasi bencana, Jokowi berpesan supaya Pemilu serentak 2019 yang akan digelar 17 April berjalan aman dan damai. Ia berkaca pada kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah.

"Kita tahu 2018 kita telah membuktikan mampu menyelenggarkan 171 pemilihan kepala daerah serentak dengan aman dan damai dan saya yakin dengan pengalaman yang ada dengan pengalaman panjang demokrasi, Insya Allah pemilu legislatif, pemilu presiden presiden akan berlangsung dengan aman, damai dan demokratis," ujar Jokowi.
(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com