Jokowi Ungkap Hubungan Dekat dengan Erdogan ke Dubes Iqbal

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 07 Jan 2019 14:25 WIB
Duta Besar LBBP RI untuk Turki Lalu M Iqbal (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Lalu M Iqbal dilantik menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Turki. Iqbal mengaku diceritakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal relasinya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Bapak Presiden pada saat tadi photo session menyampaikan hubungan pribadi beliau dengan Presiden Erdogan sangat dekat. Beberapa kali melakukan telepon langsung, pembicaraan langsung dengan Presiden Erdogan," ujar Iqbal setelah dilantik Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Pria yang sebelumnya menjabat Dirjen Perlindungan WNI Kemlu ini menegaskan hubungan antara Indonesia dan Turki sangat penting. Iqbal akan berupaya meningkatkan diplomasi antara Indonesia-Turki.

"Salah satunya people to people contact karena sibuk urusan internal masing-masing. Perdagangan dan budaya, people to people contact dengan pemerintahnya, pengusahanya. Saya kira saya beruntung saya ditempatkan di negara yang kedua belah pihak memiliki antusiasme yang sama untuk mengembangkan hubungan itu," kata Iqbal.


Komitmen memerangi foreign terrorist fighters (FTF) juga terus dipertahankan. Apalagi, kata Iqbal, ada ratusan WNI terkait terorisme yang dipulangkan dari Turki.

"Pemerintah Turki banyak bantu kita, kita pulangkan FTF ada 500 WNI yang sebagian besar belum ke Suriah karena keburu ditangkap oleh pemerintah Turki, tapi fenomena itu hampir tidak ada karena jatuh awal tahun lalu, jatuhnya Raka ke koalisi. Relatif fenomena itu menurun. Jadi pemerintah Indonesia dan Turki punya antusiasme untuk menyelesaikan FTF ini dengan baik," ujar Iqbal. (dkp/fdn)