Saat Ma'ruf Amin Ingin 'Rangkul' Bima Arya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sabtu, 05 Jan 2019 14:58 WIB
Bima Arya ikut menyambut Ma'ruf Amin. (Dok TKN Jokowi-Ma'ruf)
Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya turut hadir dalam kunjungan KH Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Al-Ghazaly di Bogor. Ma'ruf pun mengaku ingin merangkul Bima Arya, yang merupakan politikus PAN.

"Sebagai calon wakil presiden, saya tentu punya harapan besar untuk mengajak bersama-sama semua pihak, apalagi wali kota. Jadi kita ingin merangkul sebanyak mungkin pihak dalam rangka mengawal keutuhan NKRI dan di dalam rangka membangun negara ini supaya negara ini lebih maju, lebih sejahtera," ujar Ma'ruf di Ponpes Al-Ghazaly, Bogor, Sabtu (5/1/2019).

Kedatangan Bima Arya dalam kunjungan Ma'ruf tersebut cukup mengejutkan. Sebab, partai Bima Arya mendukung rival Joko Widodo-Ma'ruf, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Ma'ruf tak menjelaskan apakah kehadiran Bima Arya merupakan bentuk dukungan. Namun ia menegaskan siap mengajak siapa pun yang ingin berjuang bersamanya dan Jokowi, termasuk Bima Arya.

"Makanya Jokowi-Ma'ruf Amin 01 untuk Indonesia maju. Untuk itu, semua orang harus kita ajak bersama-sama, memikul tanggung jawab bersama dalam rangka mewujudkan cita-cita mulia itu," jelas Ma'ruf.

Bima Arya tampak sangat menghormati Ma'ruf. Saat tiba di lokasi acara, Bima Arya langsung mencium tangan cawapres nomor urut 01 itu.

Saat Ma'ruf Amin Ingin 'Rangkul' Bima AryaMa'ruf Amin memasangkan serban ke Bima Arya. (Dok TKN Jokowi-Ma'ruf)

Meski begitu, Bima tak menjawab dengan tegas apakah mendukung Ma'ruf di Pilpres 2019. Ia juga sempat berpose mengacungkan satu jari saat ditanya soal arah dukungannya.

"Jawaban saya cuma satu," ujar Bima sembari mengacungkan satu jarinya yang disambut tawa hadirin.


"Mohon izin Pak Kiai, jawaban saya cuma satu. Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasalam mengajarkan kepada kita untuk memuliakan tamu. Ini adalah tamu agung, tamu yang mulia yang harus kita muliakan, dan saya hadir di sini," lanjutnya.

Pada acara tersebut, Bima Arya juga diberi serban oleh Ma'ruf. Ketua Umum MUI itu memberikan serban bertuliskan nama lengkapnya. Pada sorban itu juga terpampang inisial KMA (Kiai Ma'ruf Amin) dengan lambang 01. Ma'ruf Amin memakaikan langsung serban itu ke Bima Arya. (elz/fdn)