detikNews
Sabtu 05 Januari 2019, 09:07 WIB

HUT Ke-59, Ormas MKGR Ziarah ke TMP Kalibata

M Guruh Nuary - detikNews
HUT Ke-59, Ormas MKGR Ziarah ke TMP Kalibata Foto: M Guruh Nuary/detikcom
Jakarta - Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) pagi ini melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Tabur bunga dilakukan dalam rangka HUT ke-59 ormas tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (5/1/2019), acara diawali upacara ziarah yang dipimpin Roem Kono selaku Ketua Umum MKGR. Upacara dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

Setelah upacara ziarah selesai, acara dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam Jenderal Besar H Abdul Haris Nasution. Setelah itu, berlanjut ke makam R H Sugandhi Kartosubroto.



HUT ke-59, Ormas MKGR Ziarah ke TMP KalibataFoto: M Guruh Nuary/detikcom


Dalam doa yang dibuka oleh Roem Kono, ia menegaskan ziarah ke makam Sugandhi merupakan wujud mengenang kembali cita-cita pendiri MKGR itu.

"Cita-cita pendiri ormas ini untuk melindungi bangsa dan negara, melindungi cita-cita luhur dan Pancasila, kami juga berdoa kepada bapak, semoga diterima di sisi Allah SWT. Dan juga untuk semua pahlawan yang ada di sini, semoga semuanya diterima amalnya," ujarnya.

Lebih lanjut Roem mengatakan MKGR adalah organisasi yang independen serta merupakan salah satu pendiri Partai Golkar. Dia mengingatkan tujuannya berziarah adalah mengingat kembali tetesan darah yang dikorbankan oleh para pahlawan yang tanpa dibayar dan mengharapkan gaji.



"Mereka berjuang untuk Tanah Air Indonesia ini, kita harus betul-betul mengingat kembali itu, dikaitkan dengan kondisi bangsa dan negara kita sekarang adalah yang menganut liberalisasi dan demokrasi terbuka," tuturnya.

Dia pun mengajak seluruh pihak menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kembali kepada cita-cita kita, yaitu bangsa yang mempunyai etika yang telah disusun oleh para pendiri bangsa kita ini, yaitu Pancasila," katanya.
(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com