detikNews
Jumat 04 Januari 2019, 16:54 WIB

11 Riwayat Hidup Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan Bebas 24 Januari

Niken Widya Yunita - detikNews
11 Riwayat Hidup Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan Bebas 24 Januari 11 Riwayat Hidup Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan Bebas 24 Januari. (Nathania Riris Michicco/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan bebas pada 24 Januari 2019. Bagaimana sih riwayat hidup pria kelahiran 29 Juni 1966 ini?

Berikut ini 11 riwayat hidup Basuki Tjahaja Purnama.




1. Lahir di Belitung

Ahok lahir di Manggar, Belitung Timur. Dia merupakan anak pertama dari alm Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih.

Ahok memiliki empat adik, yaitu Basuri Tjahaja Purnama (dokter PNS dan bupati di Kabupaten Belitung Timur), Fifi Lety (praktisi hukum), Harry Basuki (praktisi dan konsultan bidang pariwisata dan perhotelan), serta Frans, yang meninggal dunia pada usia remaja.

Masa kecil Basuki lebih banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, hingga selesai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama.

2. Kuliah di Trisakti

Setamat dari sekolah menengah pertama, Ahok melanjutkan sekolah di Jakarta. Dia menimba ilmu di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Geologi.

Selama kuliah, Ahok diurus oleh seorang wanita Bugis beragama Islam yang bernama Misribu Andi Baso Amier binti Acca. Setelah lulus dengan gelar Insinyur Geologi, Ahok kembali ke Belitung.

3. Bisnis

Usai lulus dari Trisakti, Ahok mendirikan CV Panda yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan PT Timah pada 1989. Kemudian pada 1992 Ahok mengawali kiprahnya di dunia bisnis sebagai Direktur PT Nurindra Ekapersada.

Ahok kemudian mendirikan pabrik di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pabrik pengolahan pasir kuarsa tersebut adalah yang pertama dibangun di Pulau Belitung dan memanfaatkan teknologi Amerika dan Jerman.

4. Terjun ke Politik

Ahok terjun ke dunia politik dan bergabung di bawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB) sebagai ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur pada 2004. Kemudian pada Pemilu 2004, ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

5. Bupati Belitung Timur

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Belitung Timur tahun 2005, Ahok berpasangan dengan Khairul Effendi dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) untuk ikut sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Pasangan itu terpilih dengan mengantongi suara 37,13 persen sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama. Ahok kemudian mengajukan pengunduran diri pada 11 Desember 2006 untuk maju dalam Pilgub Bangka Belitung 2007. Pada 22 Desember 2006, ia resmi menyerahkan jabatannya kepada wakilnya, Khairul Effendi.
5. Calon Gubernur Bangka Belitung 2007

Di Pilkada Bangka Belitung pada 2007, Ahok mengambil bagian menjadi bakal calon gubernur. Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mendukung Ahok menjadi Gubernur Bangka Belitung dan ikut berkampanye untuknya. Namun dalam pemilihan tersebut, ia dikalahkan oleh rivalnya, Eko Maulana Ali.

6. Anggota DPR RI 2009-2014

Pada 2009, Basuki mencalonkan diri dan terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Bangka Belitung mewakili Partai Golongan Karya. Ia sukses meraup 119.232 suara dan duduk di Komisi II.

7. Wakil Gubernur DKI Jakarta

Ahok mencalonkan diri sebagai Wagub DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Pasangan Jokowi-Ahok mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

8. Gubernur DKI

DPRD DKI Jakarta mengumumkan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi, yang telah menjadi Presiden Republik Indonesia pada 14 November 2014. Setelah pengumuman ini, DPRD DKI Jakarta mengirimkan surat ke Kementerian Dalam Negeri agar Ahok dilantik menjadi gubernur. Ahok dilantik menjadi Gubernur DKI pada 19 November 2014.

9. Dipenjara

Pada 9 Mei 2017, Ahok divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena kasus penodaan agama. Ahok terbukti melakukan penodaan agama dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada 2016.

10. Pisah

Ahok menikah dengan Veronica Tan, kelahiran Medan, Sumatera Utara, dan dikaruniai 3 putra-putri bernama Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama. Ahok kemudian menceraikannya pada 2018 serta mendapatkan hak asuh anak kedua dan ketiga.

11. Akan Bebas pada 24 Januari 2019

Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan remisi selama 3 bulan 15 hari dan akan bebas pada 24 Januari 2019. Ahok mendapat remisi karena telah berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana selama lebih dari 6 bulan.

Pada 6 September, politikus PDIP yang merupakan rekan Ahok, yakni Ruhut Sitompul, pernah menyatakan Ahok akan menikah begitu bebas dari penjara, yakni sekitar Januari 2019. Wanita yang dikabarkan akan menjadi istri Ahok adalah Bripda Puput Nastiti Devi, yang bertugas di Detasemen Pelayanan Markas Mabes Polri.

Ahok dan Bripda Puput Nastiti Devi dijodohkan oleh mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. Puput pernah menjadi ajudan Veronica Tan. Politikus PDIP Prasetyo meyakini Ahok sebagai pria yang tak berselingkuh, sehingga hubungan Ahok-Puput tidak diawali perselingkuhan saat Puput masih menjadi ajudan Vero.

Setelah 2 hari bebas, Ahok juga akan live di sebuah stasiun televisi. Kabar tersebut diunggah oleh adik Ahok, Fifi Lety Tjahaja Purnama, melalui akun Instagram-nya, @fifiletytjahajapurnama, pada 21 Desember 2018. Kabar lain, Ahok juga ingin masuk PDIP. Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi Djarot Saiful Hidayat menyebut Ahok ingin masuk partai pimpinan Ketum Megawati Soekarnoputri itu.

Djarot mengaku Ahok berbicara langsung kepadanya. Dari ceritanya ke Djarot, Ahok menyatakan hanya PDIP yang memasang badan ketika Ahok mendapat caci maki dari warga yang tidak menyukainya.



Saksikan juga video 'Menkumham: Remisi Ahok Sesuai Haknya':

[Gambas:Video 20detik]



11 Riwayat Hidup Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan Bebas 24 Januari



(nwy/fjp)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed