detikNews
Jumat 04 Januari 2019, 14:11 WIB

Masalah Busa, DKI akan Bangun 10 Pengolahan Limbah di Dekat Kali Sentiong

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Masalah Busa, DKI akan Bangun 10 Pengolahan Limbah di Dekat Kali Sentiong Limbah busa di Kali Item pada 1 Januari 2019. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan segera membangun 10 instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di sekitar Kali Sentiong. Pembangunan ditargetkan mulai tahun ini.

"Kita rencananya akan bangun ada 10 titik di samping Kali Sentiong. Kita bangun IPAL komunal oleh PD PAL Jaya," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/1/2019).


Teguh menuturkan pembangunan ditargetkan selesai pada Oktober 2019. Saat ini, prosesnya masih memasuki tahap lelang.

"Pekerjaan proses lelang dan diharapkan Oktober tuntas," ucap Teguh.

Teguh menuturkan satu instalasi dapat menampung limbah 250-300 rumah. Dia menuturkan, dengan instalasi tersebut, limbah warga yang ke sungai tidak lagi tercemar.

"Kapasitas sekitar 250 hingga 300 sasaran," ujarnya.

Teguh mengatakan kebutuhan akan IPAL komunal di Jakarta mencapai 10 ribu. Selanjutnya, setelah di Kalo Sentiong, pembangunan akan dilanjutkan ke permukiman padat dan RPTRA.

"Itu yang harus prioritas kita, jangan sampai sungai tercemar kotoran manusia. Sadar tidak sadar, air bawah tanah kita sudah tercemar," ucapnya.


Busa di Kali Sentiong ramai dibahas di media sosial pada Selasa (1/1) lalu. Anies sebelumnya berjanji akan membentuk aturan mengenai instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di kampung-kampung untuk mengatasi hal tersebut.

"Saya mengajak kepada semua, yuk, dan terima kasih teman-teman media, tunjukkan bahwa ini ada di mana-mana sehingga harus diselesaikannya secara nasional, bukan saja diselesaikan di hilirnya," kata Anies di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (3/1).
(fdu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed