detikNews
Jumat 04 Januari 2019, 11:56 WIB

NasDem Minta Anies Bentuk Tim Terpadu Atasi Limbah Detergen

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
NasDem Minta Anies Bentuk Tim Terpadu Atasi Limbah Detergen Foto: Pradita Utama
Jakarta - Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk tim terpadu untuk mengatasi limbah detergen. Tim terpadu terdiri dari gabungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

"Saya kira pertama yang kami rekomendasikan. Ada tim terpadu untuk koordinasi antar beberapa SKPD terkait kan mereka kerja parsial, harus duduk bareng dengan walikota juga," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus saat dikonfirmasi, Jumat (4/1/2019).


Bestari mengatakan antar SKPD saling melempar tanggung jawab terkait penanganan limbah detergen tersebut. Dia meminta ada koordinasi yang baik untui menangani hal tersebut.

"Ini kan tanda ketidakmampuan aparatur. Siapa yang bertanggung jawab di sana? Mulai dari lurah, camat, wali kota dan kadis," ucapnya.


Bestari juga menilai tidak ada pencegahan terkait limbah detergen dari industri yang masuk ke sungai. Dia menuturkan masih banyak pejabat tidak memahami tugasnya.

"Tindakan preventif itu juga nggak jalan, karena apa? Satu, pejabat tidak memahami. Dia hanya ingin menyelamatkan jabatannya mungkin. Ketika terjadi hal seperti ini, pasti buang badan semua ini," tuturnya.

Limbah busa sempat terlihat di Kali Sention pada Selasa (1/1). Busa tersebut diduga karena limbah detergen.



Saksikan juga video 'Kali Item Berbusa, Anies Akan Atur Usaha Cuci Mobil dan Laundry':

[Gambas:Video 20detik]


NasDem Minta Anies Bentuk Tim Terpadu Atasi Limbah Detergen




(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed