Soal IKKON, Program Bekraf untuk Dorong Potensi Ekonomi Lokal

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 03 Jan 2019 17:59 WIB
Foto: Triawan Munaf (Ari Saputra)
Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf punya rencana memanfaatkan program IKKON (Inovasi, Kreativitas, Kolaborasi Nusantara) untuk daerah-daerah yang dilewati tol. Apa itu program IKKON?

"Program IKKON itu program Bekraf untuk mengembangkan potensi daerah yang sudah berjalan selama lebih dari 3 tahun ini," kata Triawan saat berbincang dengan detikcom, Kamis (3/1/2019).


Dilihat di situs resmi Bekraf, IKKON merupakan sebuah program yang menempatkan sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal. Dalam pelaksanaannya, diharapkan para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara etis (ethical benefit sharing) berkelanjutan.

Program IKKON ini rencananya ingin diterapkan Triawan untuk memasarkan produk-produk ekonomi kreatif berkualitas dari daerah-daerah yang terlintasi jalan tol, salah satunya Trans Jawa. Menurut dia, jalan tol punya banyak manfaat selain tentunya memudahkan perjalanan antarkota antarwilayah.

"Juga dapat berkontribusi positif kepada kesejahteraan masyarakat setempat," sebut Triawan.

"Program IKKON (Inovasi, Kreativitas, Kolaborasi Nusantara) bisa dimanfaatkan khusus untuk daerah-daerah yang dilewati tol tersebut," ucapnya.


Perihal IKKON ini sempat disampaikan Triawan dalam wawancara bersama BeritaSatu TV pada 1 Januari 2019. Saat itu, Triawan memberikan istilah IKKON-Tol. Istilah itu kini jadi ramai dibahas.

"Mungkin akan lebih tepat diberi nama IKKON Jalan Tol," ucap Triawan. (gbr/tor)