detikNews
Kamis 03 Januari 2019, 17:28 WIB

Pergerakan Ali Kalora Saat Beraksi di Parigi Moutong Sulteng

Audrey Santoso - detikNews
Pergerakan Ali Kalora Saat Beraksi di Parigi Moutong Sulteng Ali Kalora/Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Polisi mengatakan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora berkeliaran di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) sejak Sabtu (29/12/2018).

Informasi itu didapat polisi dari saksi kunci yang kini dalam pengamanan aparat.

"Saksi kunci menyebutkan memang sudah lihat gelagat-gelagat kelompok tersebut dari tanggal 29 (Desember 2018). Jadi tanggal 29 sudah ada upaya intimidasi terhadap korban. Tapi (Ali Kalora cs) menghilang lagi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (3/1/2019).






Pada hari Minggu (30/12), kelompok Ali Kalora melakukan pembunuhan terhadap penambang emas tradisional berinisial RB alias Anang (34). Kepala korban sengaja diletakkan di jembatan desa.

"Saksi sudah melihat memang kelompok ini dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing lima orang. Jadi lima yang action, lima yang awasi mereka. Jadi mereka tidak mungkin sepuluh-sepuluhnya turun ke lapangan. Lima maju eksekusi, lima jadi parimeter untuk mengawasi," jelas Dedi.







Berdasarkan keterangan saksi kunci, diketahui anggota kelompok Ali Kalora yang mengeksekusi korban berjumlah empat orang. Tiga di antaranya berinisial I, N, AD. Namun satu eksekutor lagi tak dikenali oleh saksi kunci.

"Satu lagi dari saksi tak kenal nama, tapi ciri fisik dikenal. Adalah DPO dengan ciri-ciri pendek dan gemuk. Ini 4 pelakunya yang melakukan eksekusi terhadap korban saudara Anang," tutur Dedi.

Saksi kunci menurutnya berada di area yang sama dengan korban saat korban diciduk dan dieksekusi para pelaku."Dia ada di sekitar korban. Sama-sama pekerja," ujar Dedi.
(aud/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com