DetikNews
Kamis 03 Januari 2019, 15:37 WIB

Jorok! Kali Pisang Batu Bekasi Dipenuhi Hamparan Sampah

Isal Mawardi - detikNews
Jorok! Kali Pisang Batu Bekasi Dipenuhi Hamparan Sampah Foto: Isal Mawardi-detikcom
Bekasi - Hamparan sampah menumpuk di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Saking banyaknya sampah, aroma busuk menyengat tercium dari kali tersebut.

Marzuki, warga setempat mengatakan, sampah mulai menumpuk di kali tersebut sejak 3 pekan lalu. Sampah mulai berdatangan setelah sebelumnya tanaman eceng gondok yang memenuhi kali dibersihkan.

"Tadinya banyak eceng gondok, terus diangkut tuh, langsung banyak (sampah) kayak gini," kata Marzuki kepada detikcom di lokasi, Kamis (3/1/2019).


Marzuki mengaku, warga setempat tidak pernah buang sampah ke kali tersebut. Menurutnya, sampah tersebut dibuang oleh warga dari perumahan lain.

"Warga sini nggak ada, malah gotong royong ngangkatin eceng gondok waktu itu juga," sambungnya.

Hal senada juga diungkap warga lainnya bernama Muhtasor. Menurutnya, sampah tersebut merupakan 'kiriman' dari perumahan penduduk yang berada di hulu kali.

"Kayaknya dari perumahan-perumahan gitu. Saya suka melihat pagi-pagi suami-istri ngebuang sampah naik motor bawa plastik," kata Muhtasor.

Pantauan detikcom di lokasi, sampah di kali kebanyakan merupakan limbah rumah tangga. Sampah plastik mendomimasi hamparan sampah di kali tersebut.

Sementara aroma tidak sedap menyeruak dari kali tersebut. Sampah tersebut memenuhi kali selebar 7 meter di sepanjang sekitar 300 meter.

Tampak air kali yang hampir meluap ke bibir kali. Sebagian pinggir kali juga nyaris longsor karena tergerus air.




Saksikan juga video 'Jorok! Tumpukan Sampah Penuhi Kali Pengaringan Tambun':

[Gambas:Video 20detik]


(mea/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed