detikNews
Kamis 03 Januari 2019, 09:58 WIB

Pendaki Gunung Dempo Sumsel di Malam Tahun Baru Dikabarkan Hilang

Raja Adil Siregar - detikNews
Pendaki Gunung Dempo Sumsel di Malam Tahun Baru Dikabarkan Hilang Ilustrasi (Dok. detikcom)
Palembang - Seorang pendaki, Siti Romlah, dikabarkan hilang saat mendaki di kawasan Gunung Dempo Pagaralam, Sumsel. Untuk memastikan kabar tersebut, tim BPBD dan pos pantau Gunung Dempo akan mengecek lokasi.

"Memang ada kabar salah satu pendaki Gunung Dempo yang hilang. Kita masih mencari kebenaran dan data si pendaki," kata Kepala BPBD Pagaralam Herwadi saat dimintai konfirmasi lewat telepon, Kamis (3/1/2019).


Kabar hilangnya pendaki bernama Siti Romlah ini diterima oleh tim BPBD dan pos pantau, Rabu (2/1) malam. Di sana, tim menerima kabar bahwa pendakian itu dilakukan pada Sabtu, 28 Desember 2018.

"Iya, kabarnya begitu. Tapi kami sejauh ini belum mendapat laporan resmi dari keluarga atau kerabatnya. Sekarang ini kami pastikan dulu, baru nanti dilakukan pencarian," katanya.

Sementara itu Kepala Pos Pantau Gunung Dempo, Mulyadi, mengatakan pihaknya kini masih mencari data pendaki yang dikabarkan hilang. Namun dia menyebut saat ini masih banyak pendaki yang ada di puncak.

"Kami masih cek, tapi memang di atas sampai sekarang masih banyak orang. Mereka naik menjelang malam tahun baru, jadi belum bisa dipastikan hilang atau tidak," katanya.

Diakui Sumiyadi, pihaknya kini mulai kesulitan memantau keberadaan pendaki Gunung Dempo. Sebab, pendaki sudah tak disiplin, bahkan siapa saja yang mendaki tidak dapat lagi terpantau dengan baik.


"Kalau dulu itu agak disiplin, jadi semua termonitor kalau ada yang hilang, kalau ada yang kena hepotermia. Sekarang ini mah sudah tidak disiplin, lolos-lolos aja. Susah mantaunya," kata Sumiyadi.

"Sekarang kami pastikan dulu, nanti kalau sudah ada dikabari lagi. Saya koordinasi dulu dengan BPBD dan Pemerintah Kota Pagaralam juga," tutupnya.



Simak juga video 'Pendaki Gunung Arjuno Hilang, Tim SAR Bergerak Mencari':

[Gambas:Video 20detik]


(ras/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com