Sandiaga Siap Ikuti Tes Baca Alquran Jika Sesuai Aturan KPU

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 02 Jan 2019 23:58 WIB
Cawapres Sandiaga Uno (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Cawapres Sandiaga Uno (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengatakan siap mengikuti undangan tes baca Alquran dari Dewan Ikatan Dai Aceh. Sandiaga mengatakan akan ikut tes jika undangan tersebut sesuai dengan aturan KPU.

"Kalau misalnya KPU yang menentukan bahwa itu harus dilakukan di Aceh, ya kita ikuti sesuai dengan peraturan KPU," kata Sandiaga kepada wartawan di gedung Dewan Dakwah, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).


Diketahui, undangan itu diberikan oleh Dewan Ikatan Dai Aceh kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden untuk ikut tes membaca Alquran di Tanah Rencong. Jawaban Sandi itu senada dengan tanggapan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga.

Senada dengan Sandi, BPN menyebut Prabowo-Sandi hanya akan hadir apabila tes itu diselenggarakan oleh KPU.

"Prabowo-Sandi bersama BPN siap saja mengikuti tes baca Alquran, tapi kami kembalikan kepada KPU. Kalau KPU yang mengadakan, ya kami siap. Kami kembalikan ke aturan yang berlaku," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dimintai konfirmasi, Rabu (2/1/2019).


Sementara itu, TKD Jokowi-Ma'ruf mengatakan pasangan nomor urut 01 itu siap dan menyambut baik undangan tersebut. TKD Aceh juga memastikan pasangan calon Jokowi-Ma'ruf siap menghadiri undangan tersebut.

"Dari komunikasi kami dengan Direktur Komunikasi TKN Pusat Bapak Usman Kansong, bahwa Bapak Jokowi siap hadir mengikuti uji baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh," kata Direktur Informasi Komunikasi TKD Aceh Ali Raban saat dihubungi detikcom, Rabu (2/1/2019). (jbr/jbr)