DetikNews
Rabu 02 Januari 2019, 16:23 WIB

Anies Cek Kali Item yang Sempat Muncul Busa Tebal

Indra Komara - detikNews
Anies Cek Kali Item yang Sempat Muncul Busa Tebal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal. Anies juga mengecek kondisi pompa air yang berada di lokasi tersebut.

Anies beserta jajarannya tiba di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2018) sekitar pukul 15.51 WIB. Sekda DKI Saefullah juga ikut mendampingi Anies.

Anies Cek Kali Item yang Sempat Muncul Busa TebalGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal. (Indra Koamra/detikcom)
Setelah melihat kondisi Kali Item, Anies kemudian menuju saringan pompa. Dia meminta petugas menyalakan saringan pompa untuk melihat langsung proses pemompaan air di Waduk Sunter Selatan.


Sebelumnya diberitakan, busa sempat muncul di Kali Sentiong atau Kali Item sejak Selasa (1/1) kemarin. Busa tebal tersebut menjadi perhatian warga sekitar.

Anies Cek Kali Item yang Sempat Muncul Busa TebalGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek kondisi Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang sempat muncul busa tebal. (Indra Koamra/detikcom)
Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air DKI Jakarta menyatakan busa tebal yang muncul di Kali Item disebabkan pengoperasian pompa air di Danau Sunter Selatan. Pompa itu mengalirkan air dari Danau Sunter Selatan ke Kali Item.


"Terjadi karena operasional pompa yang menyedot air dari Waduk Sunter Selatan 1 ke Kali Sentiong," kata Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging.

Pada Rabu siang ini, kondisi Kali Item sudah mulai bersih. Busa tebal hilang lantaran terbawa arus kali.



Saksikan juga video 'Waring Kali Item Kok Dicopot, Pak Anies?':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed