Tim Prabowo-Sandiaga Laporkan Dana Kampanye Rp 54 M ke KPU

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 02 Jan 2019 14:58 WIB
Foto: BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan sumbangan dana kampanye ke KPU. Total dana yang dilaporkan Rp 54 miliar.

"Jumlah total dari BPN Prabowo-Sandi saat ini di angka Rp 54 miliar," ujar Bendahara Umum BPN Thomas Djiwandono di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).


Thomas mengatakan 70 persen dari total dana kampanye itu berasal dari Sandiaga. Sementara itu, Prabowo menyumbang sekitar 30 persen dari total Rp 54 miliar dana kampanye.

"Kalau di-breakdown tuh tentu yang paling banyak adalah Pak Sandi sekitar 70-an persen, setelah itu Pak Prabowo di sekitar 30 persen. Kalau ditanya badan usaha, belum (ada yang menyumbang), tapi yang luar biasa saat ini adalah dari perseorangan di masyarakat," kata Thomas.


Thomas mengatakan pihaknya juga menggelar penggalangan dana kampanye. Total yang didapat sebesar Rp 3,5 miliar. Namun, Rp 3,5 miliar itu belum masuk di rekening BPN.

"Untuk perseorangan dari segi nominal nggak terlalu banyak, dari segi nominalnya itu sekitar kalau yang BPN yang terima sendiri itu sekitar Rp 150-an juta, tetapi jangan lupa ada dana penggalangan. Dana penggalangan itu saat ini, per kemarin itu Rp 3,5 miliar tapi itu tidak termasuk di dalam rekening BPN, itu masih kelompok itu tidak dilaporkan hari ini," sebut dia.


Saksikan juga video 'Wow! Dana Kampanye Prabowo-Sandi Terkumpul Rp 54 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/gbr)