DetikNews
Rabu 02 Januari 2019, 14:43 WIB

Cerita di Balik Habib Rizieq Deklarasi 2019 Ganti Presiden di Jabal Rahmah

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Cerita di Balik Habib Rizieq Deklarasi 2019 Ganti Presiden di Jabal Rahmah Jabal Rahmah (Fajar Pratama/detikcom)
Jakarta - Habib Rizieq Syihab bersama sejumlah warga Indonesia menggelar deklarasi '2019 ganti presiden' di Jabal Rahmah. Ternyata ada cerita di baliknya.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menuturkan kegiatan itu bukan inisiatif Habib Rizieq Syihab. Namun justru warga Indonesia yang bermukim di Mekah yang punya ide awalnya.

"HRS (Habib Rizieq Syihab) sebagai undangan," kata Slamet Maarif kepada wartawan, Rabu (2/1/2019).

Soal pemilihan tempat deklarasi di Jabal Rahmah, juga dijelaskan Slamet bukan pertimbangan pribadi Habib Rizieq Syihab. Lagi-lagi pemilihan tempat deklarasi itu juga gagasan dari masyarakat Indonesia di Mekah yang hadir.

"Kawan-kawan di sana yang menentukan tempat," ujar Slamet ditanya soal alasan pemilihan Jabal Rahmah sebagai tempat deklarasi.


Jabal Rahmah ialah bukit kecil di tengah padang Arafah yang selalu menyita perhatian sebagian jemaah haji ataupun umrah, tingginya sekitar 70 meter menjulang di tengah padang Arafah. Jabal Rahmah diyakini sebagai tempat pertemuan pertama kali Nabi Adam dan Hawa setelah terpisah ratusan tahun di dunia.

Hari-hari ini Jabal Rahmah sedang jadi perbincangan hangat setelah beredar video Habib Rizieq bersama sejumlah WNI di Kota Mekah melakukan deklarasi 2019 Ganti Presiden dari Jabal Rahmah, di Padang Arafah, Provinsi Mekah. Menurut Slamet, video deklarasi yang beredar sudah dibuat sejak tiga pekan yang lalu.

"Sudah tiga mingguan yang lalu itu (video itu)," katanya.

Video berdurasi 49 detik itu diunggah salah satunya oleh pemilik akun Twitter @pas_rn pada Selasa (1/1) kemarin. Video tersebut menggambarkan Habib Rizieq yang tengah duduk di tengah di antara sejumlah orang yang ikut deklarasi. Gambar video juga berlatar Jabal Rahmah.

"Dari Jabal Rahmah di Mekah Al-Mukarromah, kami keluarga besar, para warga Indonesia yang mukim di Mekah, insyaallah bersama-sama kompak 2019?," tanya Habib Rizieq kepada massa yang ada di sekitarnya.

"Ganti presiden," jawab massa yang ada di video sambil mengangkat dua jari yang khas dengan pendukung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.



Saksikan juga video 'Prabowo Ingin Jemput Habib Rizieq':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed