Kades di Sumsel Tersungkur Ditembak 5 Garong

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 02 Jan 2019 13:54 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Palembang - Kawanan perampok dengan senjata api kembali beraksi di Banyuasin, Sumatera Selatan. Kali ini korban adalah seorang kepala desa, Kariono (50), dan mengalami luka tembak.

Perampokan ini sendiri terjadi pada Senin (1/1) pukul 01.30 WIB dini hari di Mekar Sari, Bayuasin.

"Aksi perampokan terjadi dini hari ketika korban sedang tidur. Mendengar burung waletnya ribut dia keluar, tapi nggak ada apa-apa," ujar Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem saat diminta konfirmasi, Rabu (2/1/2018).


Saat akan kembali masuk ke rumah, tiba-tiba korban ditodong lima kawanan perampok. Mereka bahkan mengancam korban untuk tidak berteriak dan masuk secara perlahan.

"Korban sempat diancam 'Jangan teriak, jangan bergerak atau mau kubunuh kau', sambil nodong pake senjata api. Karena lengah, korban sempat lari dan di situlah dia ditembak," katanya.

Timah panas mengenai lengan dan kepala Kariono.

"Dalam kondisi luka itu, korban sempat lari dan ketangkap. Selanjutnya korban dan istrinya diikat, barang-barang yang ada di rumah diambil, mulai dari cincin, sarang walet, sampai uang tunai," kata Yudhi.

Puas menjarah seluruh barang berharga di rumah kades, kawanan itu pun kabur. Puluhan warga yang sudah berkumpul di depan rumah tak berani mendekat karena terdengar tembakan.

"Barang bukti yang ditemukan di lokasi ada 2 butir peluru aktif dan selongsong. Korban pun masih trauma, kami sudah turunkan tim untuk mengejar pelakunya," tutup Kapolres. (ras/asp)