DetikNews
Selasa 01 Januari 2019, 23:40 WIB

Penjelasan PT KAI Soal Penyebab Macet Tugu Tani-Stasiun Gambir

Arief Ikhsanudin - detikNews
Penjelasan PT KAI Soal Penyebab Macet Tugu Tani-Stasiun Gambir Foto: Antrean masuk Stasiun Gambir (Arief-detik)
Jakarta - Kemacetan parah dari Stasiun Gambir hingga Tugu Tani, Jakarta Pusat sempat terjadi saat libur tahun baru 2019. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan, macet disebabkan pengunjung Monas ingin memarkirkan kendaraannya di parkiran Stasiun Gambir.

"Kemacetan yang terjadi tidak hanya karena kendaraan calon atau penumpang KA, melainkan terjadi karena peningkatan kendaraan masyarakat yang ingin merayakan libur tahun baru di tempat wisata Monas dan sekitarnya," ujar Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo, dalam keterangannya, Selasa (1/1/2019).

Dikatakan Edy, pada hari libur masyarakat yang ingin berkunjung ke kawasan Monas biasanya memarkirkan kendaraan di Stasiun Gambir. Hal ini karena lokasi Stasiun Gambir yang sangat dekat dengan Monas.

Namun, menurut Edy area parkir Stasiun Gambir hanya mampu menampung 1.350 kendaraan, dengan pembagian 600 untuk kendaraan roda 4 dan 750 untuk kendaraan roda 2.

"Dengan kapasitas daya tampung kendaraan sebanyak itu, PT KAI sudah menyediakan lahan parkir yang sangat maksimal agar tidak terjadi penumpukan," katanya.


Sementara itu, data kendaraan masuk hingga Selasa (1/1) sore menunjukkan, kendaraan roda 4 yang masuk sebanyak 7.803, dan keluar sebanyak 7.653. Kendaraan roda 2 yang masuk sebanyak 3.198, dan keluar sebanyak 1.934.

Edy menambahkan, PT KAI telah melakukan berbagai upaya untuk mengurai kemacetan di pintu masuk mobil ke Stasiun Gambir. Salah satunya, dengan memindahkan pintu masuk pejalan kaki.

"Tepatnya, per 1 November 2018 akses pejalan kaki Stasiun Gambir hanya bisa melalui Gerbang tengah (Depan Gereja Imanuel), Pintu Arah Monas (pos polisi) dan Gerbang Utara (Depan Markas Garnisun)," kata Edy.

"Perubahan alur pejalan kaki ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan mobil yang ingin menjemput pejalan kaki dari luar gerbang, mengingat gerbang masuk Selatan (Depan Galeri Nasional) berdekatan dengan tikungan tajam yang rawan kecelakaan," sambungnya.

PT KAI mengakui bahwa Stasiun Gambir sering menjadi kantong parkir karena lokasinya yang strategis. Selain itu, Jalan Medan Merdeka Timur di depan Stasiun Gambir menjadi salah satu jalan yang ramai.

"Lokasi stasiun Gambir yang strategis dengan pusat pemerintahan dan kawasan wisata di Jakarta, membuat ruas jalan stasiun Gambir selalu ramai dilewati dan menjadi pilihan menitipkan kendaraan," kata Edy.

Sebelumnya, diberitakan bahwa terjadi kemacetan karena ada antrian mobil di gerbang Stasiun Gambir sore tadi. Kemacetan itu terjadi dari pintu Stasiun Gambir sampai dengan kawasan Tugu Tani.



Tonton juga video 'Ada 310 Titik Rawan Bencana di Jalur Kereta Api':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed