Cling! Pantai Kuta Kembali Bersih dari Sampah Tahun Baru

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 01 Jan 2019 17:12 WIB
Pantai Kuta bersih lagi. (Dita/detikcom)
Kuta - Sisa sampah perayaan pergantian tahun baru masih menumpuk di Pantai Kuta, Badung, Bali, pada Selasa (1/1/2019) pagi tadi. Dalam hitungan jam, kini Pantai Kuta sudah kembali kinclong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan menyebut pihaknya mengerahkan seribu personel untuk melakukan bersih-bersih di pantai.

"Ada 1.000 personel yang kerja bakti. Jam 11.20 Wita tim juga masih kerja bakti di depan panggung," kata Eka ketika dihubungi, Selasa (1/1).


Eka menyebut kini Pantai Kuta sudah bersih dari sampah. Tak hanya Pantai Kuta, timnya juga bersih-bersih di Pantai Batu Bolong, Canggu. Berbeda dengan di Kuta, timbunan sampah kayu menumpuk di Pantai Batu Bolong.

Eka mencatat terjadi peningkatan sampah sebanyak 30 persen dibanding tahun lalu yang didominasi sampah pantai. Pihaknya pun dibuat kewalahan untuk membersihkan sampah di penghujung tahun ini.

Cling! Pantai Kuta Kembali Bersih dari Sampah Tahun BaruSampah Pantai Kuta pasca-tahun baru di pagi hari. (Foto: Antara)

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hanya 10-15 persen dalam bulan yang sama. Tahun sebelumnya data sampah pohon hanya 50 persen, tapi 2018-2019 hampir 95 persen sampah pohon. Lonjakan sampah ternyata 30 persen total sampah malam tahun baru plus sampah pantai, tahun ini pemecah rekor," ujarnya.


Eka mengatakan banyaknya sampah pantai berupa potongan batang pohon membuat pihaknya sulit melakukan evakuasi.

"Hampir semua sampah pantai dominasi batang pohon, panjang dan berat, sulit evakuasi," terangnya.



Tonton juga ' 327 Ton Sampah Hasil Perayaan Malam Tahun Baru ':

[Gambas:Video 20detik]

(ams/asp)