DetikNews
Senin 31 Desember 2018, 17:26 WIB

Kaleidoskop 2018

Duh! Pemkot Pekanbaru Nunggak Bayar Listrik Rp 37 Miliar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Duh! Pemkot Pekanbaru Nunggak Bayar Listrik Rp 37 Miliar Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - Persoalan listrik paling heboh 2018 adalah soal tunggakan penerangan jalam umum (PJU) yang dilakukan Pemkot Pekanbaru. Nilai tunggakan PJU sangat fantastis mencapai Rp 37 miliar yang tak dibayarkan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Tagihan itu dilakukan pada Juni 2018 atau mendekati hari pemilihan kepala daerah (Pilkada) Riau. Firdaus sebagai Wali Kota juga ikut sebagai calon Gubernur Riau untuk periode 2019- 2024 mendatang.

Karena tunggakan PJU tak kunjung dibayar Pemkot Pekanbaru, akhirnya PLN Cabang Pekanbaru mengambil sikap tegas memadamkan PJU. Pemadaman PJU terutam di jalan protokol yang paling banyak menyedot daya.

Akhirnya menjelang hari pencoblosan Pilgub Riau itu, jalanan di Pekanbaru gelab gulita. PJU yang selama ini menerangi dan menambah keindahan kota mendadak seperti kota 'hantu' yang gelap. Masyarakat banyak protes.

Mahasiswa demo ke jalan melihat sikap Wali Kota yang menunggak PJU. Satu sisi, pajak PJU sudah dipungut Pemkot Pekanbaru dari pelanggan PLN. Tapi uang pajaknya belum dibayarkan ke PLN.

Listrik padam ini jadi sorotan publik. Terutama hal itu karena sudah mendekati hari pencoblosan. Masyarakat kecewa pada kepemimpinan Firdaus.

Pemadaman listrik PJU, akhirnya ditengahi Kejari Pekanbaru. Kedua belah pihak dimediasi. PLN diminta untuk menghidupkan PJU sebelum sehari menjelang pencoblosan. Satu sisi, Pemkot Pekanbaru diminta untuk segera melunasi tunggakan.

Listrik akhirnya dihidupkan. Tapi, masyarakat sudah kecewa. Kekecewaan itu mereka tunjukan saat pencoblosan Pilgub Riau. Pada perhitungan cepat usai pencoblosan, Firdaus keok di kandang sendiri.

Dari 5 pasangan calon yang ada, Firdaus selaku Wali Kota yang disebut memiliki daerah kekuasaan sendiri kalah telak. Bupati Siak, Syamsuar yang bukan memiliki wilayah kekuasaan, meraih suara terbanyak di Pekanbaru.

Lantas apakah tunggakan Rp 37 miliar sudah dibayar?

Humas PLN Cabang Pekanbaru, I Komang Sudarsana mengaku bahwa pihak Pemkot Pekanbaru hingga 31 Desember 2018 belum membayar tunggakan tersebut.

"Ya sampai sekarang tunggakan belum dibayar. Katanya masih dilakukan audit. Kita beri kesempatan hingga Januari 2019 nanti untuk segera melunasi tunggak PJU tersebut," kata Komang kepada detikcom, Senin (31/12/2018).

Akankah PLN memadamkan PJU lagi karena belum dilunasi?

"Kita lihat nanti," tutup Komang.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>