DetikNews
Minggu 30 Desember 2018, 12:59 WIB

Pascatsunami, PLTU Labuan Dipasang Alat Deteksi Ketinggian Air

Robi Setiawan - detikNews
Pascatsunami, PLTU Labuan Dipasang Alat Deteksi Ketinggian Air Foto: Mustiana Lestari/detikcom
Jakarta - Pascatsunami yang terjadi di Selat Sunda beberapa waktu lalu, BMKG memasang sebuah alat pendeteksi ketinggian air laut di PLTU Labuan, Banten. Dengan alat ini diharapkan adanya tsunami bisa terdeteksi lebih dini.

"BMKG inisiatif memasang peralatan untuk deteksi awal dari gelombang tinggi karena PLTU ini letaknya cukup dekat dengan pesisir pantai," kata GM PLTU Labuan Zuhdi Rahmanto kepada detikcom, Minggu (30/12/2018).


Zuhdi mengatakan peringatan yang keluar dari alat ini nantinya tidak hanya digunakan untuk evakuasi pegawai PLTU, tapi juga bisa untuk disebarkan kepada masyarakat sekitar PLTU.

"Jadi, kalau misalnya ada gelombang tinggi, peralatan itu tidak hanya untuk PLTU, tapi bisa menjadi memberi informasi awal kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A. Fachri Radjab, yang bertugas memasang alat ini di PLTU Labuan, menjelaskan cara kerja alat pendeteksi ini menggunakan sensor.

"Itu ada sensor yang dipasang, dia memancarkan gelombang. Ketika kena air dia (gelombang) akan balik lagi direkam oleh sensor tersebut. Waktu yang dibutuhkan antara gelombang dipancarkan sampai balik lagi itu menjelaskan jarak antara sensor dan air," jelas Fachri.


Menurut Fachri, pemasangan alat ini dilakukan untuk mem-backup pengamatan BMKG di sekitar area Gunung Anak Krakatau. Adapun terkait deteksi dini tsunami bisa dilakukan alat ini selama ada perubahan tinggi air laut.

"Ini alat otomatis. Datanya pun terkirim setiap satu menit sekali langsung ke server kami. Dari Jakarta bisa terpantau kalau alat ini bermasalah juga dari Jakarta ketahuan," katanya.


Simak Juga 'Potret Pantai Anyer Pascatsunami':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed