Gempa M 7,1, Warga Pulau Miangas Kepulauan Talaud Beraktivitas Normal

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Des 2018 14:10 WIB
Gempa di Kepulauan Talaud, Sulut, dan perairan Filipina (Foto: dok. Istimewa)
Kepulauan Talaud - Gempa Magnitudo 7,1 di perairan sebelah tenggara Filipina dirasakan sampai Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Masyarakat Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, masih beraktivitas normal.

"Masih normal (pascagempa), masyarakat masih beraktivitas seperti biasa," kata staf Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud yang bertugas di Pulau Miangas, Sepno Lantaa, seperti dilansir Antara, Sabtu (29/12/2018).

Dia mengatakan nelayan masih melaut seperti biasa. Pascagempa, lanjut dia, kondisi laut masih biasa, tidak surut ataupun terjadi gelombang pasang.

"Masih normal-normal saja, tidak terpengaruh, kondisi laut masih seperti biasa," ujarnya.

Sepno mengatakan tidak ada rumah warga yang rusak walaupun guncangan gempa terasa kuat dalam beberapa saat. "Masih kondusif, tidak ada warga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," tambahnya.


BMKG sebelumnya menyatakan gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dan Filipina tak berpotensi menimbulkan tsunami di Indonesia. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa dipicu oleh subduksi lempeng Laut Filipina.

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," ujar Rahmat. (idh/bag)