Gempa Magnitudo 7,1 di Talaud, Warga Sempat Keluar dari Rumah

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 29 Des 2018 12:34 WIB
Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Gempa Magnitudo 7,1 di perairan Filipina dirasakan sampai ke wilayah Indonesia, di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Warga sempat keluar dari rumah mencari tempat aman.

"Dilaporkan gempa terasa kuat di Kabupaten Kepulauan Sangihe selama 6 detik. Masyarakat merespons dengan keluar dari rumah dan segera mencari tempat yang aman," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/12/2018).

Sutopo menjelaskan gempa di Kepulauan Talaud dirasakan selama 4-5 detik. Guncangan lemah juga terasa di Kota Manado selama 2 detik. Dia mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan dari dampak gempa yang berpusat di Filipina tersebut.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan," tuturnya.



BMKG sebelumnya menyatakan gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dan Filipina tak berpotensi menimbulkan tsunami di Indonesia. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan gempa dipicu oleh subduksi lempeng Laut Filipina.

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," ujar Rahmat. (idn/bag)