Ira Koesno Moderator Debat Capres, TKN Jokowi: Dia Profesional

ADVERTISEMENT

Ira Koesno Moderator Debat Capres, TKN Jokowi: Dia Profesional

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 28 Des 2018 19:43 WIB
Ira Koesno (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - TKN Jokowi-Maruf Amin menyepakati Ira Koesno dan Imam Priyono menjadi moderator pada debat pertama capres-cawapres 2019. TKN memandang Ira sebagai sosok profesional.

"Saya kira kompetensi profesional menjadi pertimbangan. Kompetensi profesional dan kompetensi personalnya memenuhi prasyarat," kata Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).


Nantinya debat pertama akan digelar pada 17 Januari dengan tema 'Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme'. Aria mengaku persoalan isu HAM akan dijawab kubu Jokowi pada debat pertama dengan baik.

"Ada yang belum (terselesaikan), ada yang sudah ya kan. Nanti kan akan dijelaskan persoalan HAM ini kan persoalan konsepsi kebijakan persoalan hal-hal yang sudah dilaksanakan dan mana yang harus ditingkatkan. Karena persoalan ini menyangkut berbagai hal dari cara pandang ya kan. Misalnya ada yang pengin itu hanya '98, ada yang pengin kasus Orde Baru, tapi yang non-'65 kan itu, ini kan nggak bisa semuanya sepakat kan," ujarnya.


Menurutnya, persoalan HAM di Indonesia akan selesai pada saat yang tepat. Serta, lanjut Aria, menunggu situasi politik yang kondusif.

"Saya yakin bahwa persoalan HAM di Indonesia itu akan selesai semua kok. Cuma timing-nya yang seperti apa. Dalam situasi sosial politik yang seperti apa. Itu harus menjadi hal yang kita perhatikan," ujar Aria.

Sebelumnya, ada 6 sosok yang diusulkan KPU sebagai moderator debat capres-cawapres pemilu. Yaitu Najwa Shihab, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Tomi Cokro, Alfito Deannova, dan Prabu Revolusi. Pada debat pertama pilpres, telah ditetapkan nama moderator adalah Ira Koesno dan Imam Priyono. (yld/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT