detikNews
Jumat 28 Desember 2018, 10:32 WIB

Cuaca Ekstrem di Tanah Lot, Tim SAR Disiagakan

Tim detikcom - detikNews
Cuaca Ekstrem di Tanah Lot, Tim SAR Disiagakan Tanah Lot (Johanes Randy/detikTravel)
Tanah Lot - Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah mengecek kesiapan peralatan penyelamatan milik SAR di Tanah Lot, Tabanan. Hal ini guna meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan wisatawan yang berswafoto di dekat pantai yang terdapat pura di atas tebing itu.

"Saya berharap para petugas SAR di Tanah Lot selalu waspada terhadap cuaca yang cukup ekstrem saat ini dan selalu mengingatkan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini untuk menghindari tempat-tempat atau melakukan kegiatan yang berbahaya," ujarnya di Tabanan, Bali, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (28/12/2018).

Pihaknya mengimbau kepada petugas agar selalu mengingatkan pengunjung supaya tidak berenang atau mandi di pantai yang membahayakan para wisatawan karena cuaca yang sulit diprediksi saat ini. Hasan berharap para petugas juga meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

"Kenali perubahan air pasang dan surut serta mengimbau kepada para pengunjung jangan terlena berswafoto di tempat-tempat rawan kecelakaan," ujarnya lagi.

Selain itu, pihaknya melakukan pengecekan pelampung, perahu karet (LCR), dan titik rawan yang ada di daerah tujuan wisata Tanah Lot.

Setelah itu, Dandim melanjutkan perjalanan mengunjungi pantai-pantai yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan, mulai Pantai Nyanyi, Pantai Kedungu, Pantai Yeh Gangga, Pantai Pasut, dan Pantai Soka.

"Hal ini kami lakukan guna meyakinkan bahwa daerah pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan aman terkendali," ujar Hasan didampingi Kapten Inf Wongso.

Sementara itu, Komandan Regu SAR Tanah Lot, I Wayan Suwendra, mengatakan Tanah Lot menyiagakan satu regu penyelamat (life guard) bekerja sama dengan Polairud Polres Tabanan dan TNI AL demi mengutamakan keselamatan pengunjung di Tanah Lot.

"Kami menempatkan tiga pos keselamatan di Tanah Lot untuk menjamin keselamatan, baik wisatawan domestik maupun asing," ujarnya.

Lain halnya di Kodim 1611/Badung. Dandim setempat, Letkol Inf Handoko Yudhi Wibowo, mengajak anggota panen bersama di halaman belakang Makodim setempat.

"Sejengkal tanah sangat bermanfaat apabila dikelola dengan baik dengan jalan menanam tanaman yang bermanfaat, seperti terung, cabai, tomat, dan kangkung, yang bisa dipanen dalam waktu tidak begitu lama," katanya didampingi Kasdim Mayor Inf Arianto.

Saat panen di halaman belakang Kodim 1611/Badung, pihaknya juga mengajak warga di wilayah binaan untuk peduli lingkungan dengan menanam tanaman produktif.


Saksikan juga video 'Bagaimana Cuaca Malam Tahun Baru? Ini Prediksi BMKG':


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed