DetikNews
Kamis 27 Desember 2018, 15:25 WIB

Ke Atambua, Prabowo Ziarah ke Makam Pejuang Joao Tavares

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Ke Atambua, Prabowo Ziarah ke Makam Pejuang Joao Tavares Foto: Prabowo ziarah ke makam Joao Tavares. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Jakarta - Capres Prabowo Subianto hari ini bersafari ke Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungannya ke Atambua itu dalam rangka bersilaturahmi dengan para sahabatnya yang merupakan pejuang pro integrasi Timor Timur ke NKRI.

Sebelum pertemuan, Prabowo menyempatkan diri untuk berziarah kubur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja, Atambua. Makam Joao Tavares yang merupakan Panglima Pejuang pro integrasi Timor Timur ke NKRI menjadi destinasinya.


Di sana, Ketum Partai Gerindra itu juga bertemu dengan pihak keluarga Joao Tavares. Bersama keluarga Tavares, Prabowo memanjatkan doa untuk para pejuang dan melakukan tabur bunga ke makam.

Prabowo mengatakan, jasa-jasa para pahlawan haruslah selalu dikenang. Semangat nasionalisme yang tertanam dalam jiwa dan raga para pejuang harus dijadikan contoh oleh masyarakat Indonesia.

"Kita harus mengenang jasa-jasa mereka yang merupakan pahlawan kita. Mereka berani mengorbankan jiwa dan raganya untuk membela bangsa dan negara Indonesia. Dan semangat nasionalisme mereka harus dicontoh oleh seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Kamis (27/12/2018).

Ke Atambua, Prabowo Ziarah ke Makam Pejuang Joao TavaresFoto: Prabowo Subianto di Atambua. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).

Usai berziarah, eks Danjen Kopassus itu juga menyempatkan untuk menyapa warga yang menunggunya. Prabowo juga tampak menggendong seorang bocah yang dibawa oleh orangtuanya untuk bertemu dengannya.

"Wah hebat, siapa namamu nak? Kalau sudah besar kau harus jadi pahlawan untuk orang tua mu, untuk bangsa dan negara mu ya," kata capres nomor urut 02 itu sambil menggendong anak tersebut.


Rencananya, usai berziarah dan bertemu dengan teman-teman perjuangannya yang merupakan pejuang pro integrasi Timor Timur ke NKRI, Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan masyarakat NTT, khususnya warga Atambua. Dalam kunjungannya ini, Prabowo didampingi oleh para pimpinan dan anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dari Partai Gerindra seperti Farry Djemi Francis, Hashim Djojohadikusumo, dan Sugiyono.
(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed