DetikNews
Rabu 26 Desember 2018, 15:55 WIB

Kaleidoskop 2018

Kehebohan Asian Games dari Stuntman sampai Pelukan Jokowi-Prabowo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kehebohan Asian Games dari Stuntman sampai Pelukan Jokowi-Prabowo Momen saat Hanifan memeluk Jokowi dan Prabowo. Foto: Instagram @hanifan_yk
Jakarta - Gelaran Asian Games 2018 jadi kebanggaan Indonesia karena dinilai sukses jadi tuan rumah. Selain pelaksanaannya, sederet momen di Asian Games 2018 jadi sorotan mulai dari Presiden Jokowi yang beraksi pakai stuntman sampai ketika dia berpelukan dengan Prabowo Subianto.

Asian Games 2018 dibuka pada Sabtu (18/8/2018) dan ditutup pada Minggu (2/9). Indonesia menempati posisi keempat dalam kompetisi olahraga terbesar kedua di dunia itu.



Pada saat persiapan, sempat ada kontroversi mengenai pemakaian waring untuk menanggulangi aroma tak sedap dari Kali Item yang letaknya dekat Wisma Atlet Athlete Village, Kemayoran, Jakarta. Tetapi ketika Asian Games dimulai, rupanya Kali Item seakan tak ada kabarnya.

China jadi juara umum di Asian Games 2018 dengan perolehan 132 medali emas. Sementara Indonesia ada di posisi keempat dengan 31 medali emas.

Aksi Jokowi Naik Moge Pakai Stuntman

Upacara pembukaan Asian Games 2018 diawali dengan tayangan penampilan Presiden Jokowi naik motor gede. Rupanya aksi itu tak dilakukan Jokowi sendirian, melainkan sebagian diperankan oleh stuntman.

Jokowi tidak membantah dirinya digantikan oleh stuntman (pemeran pengganti) saat video pembukaan Asian Games 2018 yang menampilkan aksi bermanuver menggunakan sepeda motor gede (moge). Jokowi menegaskan, apa yang ditampilkan lewat aksi tersebut tujuannya untuk hiburan.

Foto: Instagram Saddum So


"Ini kan sekali lagi, kita ingin memberikan sebuah hiburan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/8).



Dia mengatakan, aksi tersebut merupakan gagasan kreatif yang muncul untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Gagasan itu pun dia terima.

"Itu hiburan. Jadi ada gagasan, ada ide-ide kreatif, saya kira saya terima dengan senang hati, kalau ada gagasan, ide kreatif. Saya terima debgan senang hati," kata Jokowi.

Stuntman yang dipilih berasal dari Thailand. Pemilihan pemeran pengganti untuk Jokowi itu lalu dikritik stunt rider lokal.

Atlet Basket Jepang Dipulangkan Setelah Sewa PSK

Kontingen Jepang harus memulangkan 4 atletnya lantaran ketahuan menyewa PSK. Keempatnya memilih meninggalkan wisma atlet setelah pertandingan.

Keempat atlet itu bernama Takuya Hashimoto, Keita Imamura, Yuya Nagayoshi dan Takuma Sato tersebut meninggalkan kampung atlet usai pertandingan mereka melawan Qatar pada Kamis (16/8) untuk pergi ke sebuah restoran. Di resto tersebut, mereka bertemu seorang warga lokal berbahasa Jepang, yang memberitahukan mengenai sebuah bar tempat mereka bisa bertemu dengan para PSK.

Kepada para wartawan, Yamashita mengatakan, keempat atlet yang masih mengenakan seragam tim tersebut, berada di bar selama dua jam sebelum menuju sebuah hotel bersama empat pekerja seks. Mereka menginap di hotel tersebut hingga Jumat (17/8) pagi.

"Kami memiliki kode disiplin khusus, ini jelas melanggar kode etik bagi delegasi Jepang. Para atlet harus menjadi teladan bagi masyarakat, tidak hanya di tempat olahraga tetapi juga pada kesempatan lain," tegas Yamashita.

Jokowi-Prabowo Pelukan

Jokowi dan Prabowo Subianto sudah jadi capres 2019 ketika gelaran Asian Games berlangsung. Prabowo yang merupakan Ketum PB IPSI menyaksikan pertandingan Pencak Silat di partai final yang rupanya juga dihadiri Jokowi.

Momen menarik adalah setelah pertandingan final di nomor Tarung Putra Kelas C (55-60Kg). Indonesia diwakili oleh Hanifan Yudani pada nomor tersebut.

Hanifan Yudani. Hanifan Yudani. Foto: Mochamad Solehudin


Hanifan yang menang dengan skor 3-2 lalu melakukan selebrasi dengan bendera Merah Putih. Dia berlari keliling gelanggang hingga naik ke tribun penonton di mana terdapat Prabowo dan Jokowi duduk.

Spontan, Hanifan langsung memeluk Jokowi dan Prabowo yang kemudian mendapat sorak meriah. Aksi Hanifan seakan mendinginkan tensi politik yang mulai panas setelah penetapan capres-cawapres.

"Itu sebenarnya spontan saja," kata Hanifan.

Setelah momen berpelukan tersebut, Jokowi mengajak Prabowo nge-vlog. Keduanya kompak menyatakan 'untuk Indonesia!'.


Saksikan juga video 'Blak blakan Imam Nahrawi: di Balik Sukses Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed