Tjatur: PAN Tak Pecah, Amien Rais Jangan Mundur

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Rabu, 26 Des 2018 11:11 WIB
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) terus bergejolak menjelang Pilpres 2019, mulai pengurus mbalelo dengan mendukung Jokowi, Bendum mundur, dan sekarang sejumlah pendiri mendesak Amien Rais mundur. Anggota DPR dari PAN Tjatur Sapto Edy meyakini PAN tidak akan pecah parah.

"Yang tertajam itu di kongres kemarin, itu pun PAN tidak pecah. Jadi kalau saya boleh beri masukan kepada beliau-beliau, dan kepada Pak Amien, lebih baik bertemu, silaturahim menyampaikan pikiran-pikiran," kata Tjatur, yang juga pendiri PAN, Rabu (26/12/2018).

"Saya kira mereka ini kan intelektual kelas utama di republik ini. Walaupun dengan berbagai pengalaman yang luar bisa, mereka kan puncak-puncak begawan. Saya yakin mereka bisa saling mendengar," imbuh eks Ketua F-PAN DPR ini.

Menurut Tjatur, komunikasilah yang perlu diperbaiki. Semangat perjuangan PAN masih sama sejak pendirian.

"Karena cita-citanya sama, cuma jalan dan metodenya akan lain setelah 20 tahun, jadi seolah-olah tajam. Yang terpenting menjalin silaturahim kembali," katanya.

Tjatur juga berharap tak ada yang mendesak siapa pun mundur dari PAN. "Saya pikir semuanyalah jangan mundur dari PAN, termasuk Pak Amien jangan mundur dari PAN. Yang terpenting ada sinergi, ada pemikiran baru, ada refreshing," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, lima pendiri dan penggagas PAN, yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty, dan Zumrotin, menulis surat terbuka mendesak Amien Rais mundur. Mereka memandang Amien Rais, yang kini menjabat Ketua Wanhor, sudah jauh dari garis pendirian partai.



Saksikan juga video 'Sering Dihujat, Amien Rais Cuek':

[Gambas:Video 20detik]

(van/tor)