detikNews
Selasa 25 Desember 2018, 18:31 WIB

Kebakaran di Kemayoran, Damkar: Matikan Listrik Sebelum Liburan

M Guruh Nuary - detikNews
Kebakaran di Kemayoran, Damkar: Matikan Listrik Sebelum Liburan Kebakaran di Kemayoran, Jakarta Pusat. (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - 40 Rumah di Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran dilalap si jago merah. Penyebabnya masih diselidiki, meski diduga ada arus pendek listrik yang menjadi penyebabnya. Pemadam Kebakaran (Damkar) mengimbau agar warga waspada terhadap bahaya listrik di musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

"Ya ini kan musim liburan Natal dan Tahun Baru, liburan panjang. Kalau meninggalkan rumah, usahakan semua alat listrik dicabut (dari terminal) lalu listrik dipadamkan. Kompor gas juga, kalau tidak dipakai lebih baik dicabut," kata Perwira Piket Damkar Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful Kahfi, di lokasi kebakaran, Selasa (25/12/2018).



Kebakaran terjadi di Jalan Kemayoran, Gempol, RT 06 RW 06, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 14.00 WIB. Kini kebakaran telah berhasil dipadamkan menggunakan 25 unit mobil pemadam kebakaran.

"Korban jiwa sementara nggak ada, tapi untuk petugas Damkar ada luka sedikit, luka bakar dialami warga juga, luka ringan. Mungkin kejatuhan dari bara, luka nggak terlalu parah," tutur Ahmad.



Ahmad menyatakan kebakaran ini tak menimbulkan korban jiwa. Dia belum mengetahui penyebab kebakaran ini. Namun Lurah Kebon Kosong, Syamsul Ma'arif, menduga penyebabnya berasal dari korsleting listik.

"Penyebabnya dari kontrakan rumah Bapak Kasum pedagang cincau, mungkin dari arus pendek, kita belum tahu," ujar Syamsul. "Ini kan rumah kontrakan, jadi pengontraknya pada pulang kampung, bisa jadi dari arus pendek ini."


(dnu/jor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com