DetikNews
Selasa 25 Desember 2018, 16:44 WIB

Lurah Kebon Kosong: 40 Rumah Terbakar, 120 Jiwa Mengungsi

M Guruh Nuary - detikNews
Lurah Kebon Kosong: 40 Rumah Terbakar, 120 Jiwa Mengungsi Lurah Kebon Kosong Syamsul Ma'arif, bicara soal kebakaran di Kemayoran. (M Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Kebakaran di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun diperkirakan 40 rumah kena dampak kebakaran itu.

"Jumlah rumah yang terbakar sekitar 25 rumah, tapi ditambah rumah kontrakan, jadi sekitar 40 rumah penduduk dan rumah kontrakan," kata Lurah Kebon Kosong, Syamsul Ma'arif, di sekitar lokasi kebakaran, Selasa (25/12/2018).

Kebakaran terjadi di Jalan Kemayoran, Gempol, RT 06 RW 06, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 14.00 WIB. Para penduduk yang huniannya terbakar kini diungsikan ke gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Ibu yang tak jauh dari lokasi kebakaran.

"120 jiwa sekarang kita sedang evakuasi untuk dapur umum dan pengungsi. Jadi rencananya di SLB ini dan rumah Bapak Suharto (penduduk)," kata dia.

Pengungsi membutuhkan selimut hingga baju sekolah. Kini pendataan masih terus dilakukan. Pihak pemadam kebakaran, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Satpol PP, hingga PPSU berusaha memadamkan api. Kini api telah padam namun pengecekan masih terus dilakukan.



Nilai kerugian materiil belum ditaksir. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Namun Syamsul menduga kebakaran ini dipicu oleh arus pendek listrik.

"Penyebabnya dari kontrakan rumah Bapak Kasum pedagang cincau, mungkin dari arus pendek, kita belum tahu," ujar Syamsul. "Ini kan rumah kontrakan, jadi pengontraknya pada pulang kampung, bisa jadi dari arus pendek ini."


(dnu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed