BNPB Terima Informasi Tinggi Tsunami Selat Sunda 2-5 Meter

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 25 Des 2018 15:31 WIB
Potret Pantai Carita usai diterjang tsunami. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima informasi berbeda soal tinggi tsunami di Selat Sunda yang menghantam wilayah Banten dan Lampung. Informasi yang masuk akan digunakan untuk pemetaan bencana.

"Tinggi tsunami berdasarkan informasi lapangan, baik dari masyarakat maupun petugas dan sebagainya bervariasi. Ada yang mengatakan 2 meter (Sutopo menunjuk wilayah bagian utara Banten-red) ada juga yang mengatakan di daerah sekitar Sumur, Tanjung Lesung, Cigeulis, ada yang mengatakan lebih dari 5 meter," kata Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jakarta, Selasa (25/12/2018).


Sutopo menceritakan informasi yang masuk soal tinggi tsunami di wilayah Carita. Di pantai itu, informasi yang masuk tinggi gelombang mencapai 2-2,5 meter.

"Ini di Carita, apalagi di selatan yang meliputi Kecamatan Tanjung Lesung, Kecamatan Cigeulis, Kecamatan Cigaliung, Kecamatan Cimangguh, Kecamatan Sumur tingginya seperti ini (2-2,5 meter, red) itu lah yang bisa menjelaskan mengapa bangunan-bangunan di sepanjang pantai itu, hotel dan vila di sana dalam kondisi diterjang, rata dengan tanah. Kalau hanya 30 cm, kurang dari 1 meter, dampaknya tidak seperti ini," ujar Sutopo.

"Tapi dalam kondisi seperti ini ternyata ada yang 5 meter dan sebagainya, itu lah kerusakannya cukup masif dan proses evakuasi juga terkendala," imbuhnya soal wilayah lain yang juga rusak parah.

Ada tim yang saat ini sedang memetakan tinggi tsunami yang memakan ratusan korban jiwa itu. Di sisi lain, pencarian korban dan bantuan untuk korban juga terus berlangsung. (yld/tor)