detikNews
Selasa 25 Desember 2018, 13:08 WIB

Ada Penerjemah Bahasa Isyarat di Katedral saat Misa Natal Pontifikal

Tsarina Maharani - detikNews
Ada Penerjemah Bahasa Isyarat di Katedral saat Misa Natal Pontifikal Foto: Penerjemah bahasa isyarat dalam misa Natal di Gereja Katedral (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo pagi ini tidak sendiri saat memimpin misa Natal pontifikal di Gereja Katedral, Jakarta. Di samping Suharyo, ada sesosok pria yang menerjemahkan setiap doa hingga homili ke dalam bahasa isyarat.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (25/12/2018), pria itu mengenakan kemeja hitam dilengkapi dasi merah serta celana panjang hitam. Dia berdiri di depan altar gereja, menerjemahkan bahasa isyarat untuk jemaat tunarungu yang hadir di Gereja Katedral. Di hadapan dia, terdapat sekitar 30 jemaat yang tampak khidmat beribadah dan menyimak setiap gerakan tangan pria itu.


Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie menyebutkan pria itu adalah Frans Dwi Susanto dari Paguyuban Tuna Rungu Katolik (Paturka). Hari ini, Dwi khusus melayani jemaat tunarungu di misa Natal pontifikal.

"Untuk kali ini khusus di pontifikal. Kurang lebih biasa sekitar ada 30 sampai 50 jemaat tuna rungu," kata Susyana.


Namun, lanjut Susyana, penerjemah bahasa isyarat memang biasa hadir dalam misa di Gereja Katedral setiap hari Minggu. Penerjemah bahasa isyarat ada di misa tiap Minggu pukul 11.00 WIB.

"Memang biasa ada setiap minggu yang melayani menyampaikan misa dalam bahasa isyarat. Dilakukan tiap Minggu jam 11.00 WIB," ujar Susyana.

Ibadah misa Natal di Gereja Katedral hari ini dibagi ke dalam 4 sesi. Misa berturut-turut digelar pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB (pontifikal), 11.00 WIB, dan 17.00 WIB. Misa Natal pontifikal dipimpin langsung Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo.


Simak Juga 'Misa Natal, Paus Fransiskus Ajak Manusia Hidup Sederhana':

[Gambas:Video 20detik]



(tsa/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com