Jokowi Perintahkan Cek Alat Pendeteksi Tsunami, Ganti Jika Rusak

Jokowi Perintahkan Cek Alat Pendeteksi Tsunami, Ganti Jika Rusak

Ray Jordan - detikNews
Minggu, 23 Des 2018 19:19 WIB
Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus memperbarui informasi mengenai cuaca dan kondisi alam kepada masyarakat untuk waspada bencana. Dia juga menyarankan agar kondisi peralatan sistem peringatan dini (early warning system) selalu diperiksa.

"Sebetulnya sudah saya perintahkan juga untuk mengecek semua peralatan itu dan mengganti apabila ada yang rusak," kata Jokowi di Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (23/12/2018).


Untuk penggantian tersebut, Jokowi mengatakan akan masuk di anggaran 2019. "Tapi saya kira ini nanti masuk di anggaran baru 2019 awal Januari akan saya perintahkan agar mengganti peralatan-peralatan yang rusak atau yang sudah lama tidak bisa dipakai," katanya.

Sebelumnya, Jokowi juga mengatakan telah memerintahkan jajaran seperti BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, TNI dan Polri untuk bergerak cepat melakukan pencarian dan penyelamatan korban bencana tsunami di Banten dan Lampung. Bagi korban luka agar diberi perawatan segera.


"Saya telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan melakukan perawatan secepat-cepatnya," katanya.


Simak Juga 'Jokowi Minta Semua Pihak Bergerak Bantu Korban Tsunami':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/dnu)