detikNews
Sabtu 22 Desember 2018, 07:38 WIB

Tonton Eksklusif, Cerita Sang Ibu Membesarkan Anies Baswedan

Eny Kartikawati - detikNews
Tonton Eksklusif, Cerita Sang Ibu Membesarkan Anies Baswedan Aliyah Rasyid saat Wawancara Eksklusif di detikcom. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Di Hari Ibu yang jatuh 22 Desember, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang sang ibu Aliyah Rasyid ke Jakarta. Baginya, Hari Ibu merupakan momentum untuk berterima kasih kepada sosok yang telah melahirkan dan membesarkannya itu.

Lalu bagaimana cara Aliyah mendidik dan membesarkan Anies Baswedan?

Di momen Hari Ibu ini, kepada detikcom Aliyah Rasyid mengisahkan perjalanannya membesarkan Anies Baswedan. Wanita berumur 78 tahun bercerita mengenai sosok putranya yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Anies itu sangat senang berteman. Di rumah itu tempat berkumpul teman-temannya. Nggak tahu kenapa. Dia itu menjadi pusat teman-temannya mendekat pada dia," kata Aliyah saat Wawancara Eksklusif dengan detikcom.

Dari Aliyah Rasyid, para ibu bisa mengetahui nilai-nilai apa yang ditanamkannya pada Anies yang terkenal akan gaya santunnya dalam berbicara. Disiplin, kerja keras dan menghormati orangtua, menjadi tiga nilai utama yang diterapkannya pada Anies dan kedua anaknya yang lain.

Selain itu, meskipun dirinya seorang dosen, Aliyah juga meyakini ilmu pengetahuan bisa didapat dari mana saja. "Sehingga kami biasakan anak-anak untuk aktif di organisasi, aktif di kampus sejak kecil," ujarnya.

Bagi Aliyah, Anies Baswedan kini adalah sosok anak yang membanggakan. Yang membuatnya semakin bangga pada Anies yang meraih gelar master dan doktor di Amerika Serikat, putranya tersebut tidak pernah berubah meski sudah menduduki jabatan penting di pemerintahan.

Lantas, bagaimana masa kecil Gubernur Anies Baswedan? Apakah Anies pernah jadi anak nakal? Juga apa sikap sang Ibu ketika putranya mendapatkan kritik? Simak eksklusif spesial Hari Ibu, Anies Baswedan di Mata Sang Ibu, di bawah ini.

[Gambas:Video 20detik]


(eny/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com