Pesan Mahfud Md di Hari Ibu: Masa Depan Bangsa Ada di Kaum Perempuan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 22 Des 2018 05:58 WIB
Foto: Mahfud Md (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Mahfud Md bicara terkait Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Dia mengatakan, masa depan suatu bangsa terletak pada kaum perempuan.

"Pesan untuk Hari Ibu itu, bahwa masa depan suatu bangsa itu sebagian besarnya terletak pada kaum perempuan," ujar Mahfud usai menghadiri Haul ke-9 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (22/12/2018).


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan dalam hadis nabi, surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal itu berarti, negara dan masa depan ditentukan oleh langkah kaki ibu.

"Kalau di dalam hadis nabi dikatakan surga itu di bawah telapak kaki ibu, itu artinya negara itu dan masa depannya ditentukan oleh langkah kaki ibu," kata dia.


Oleh sebab itu, kata Mahfud, setiap manusia, khususnya seorang anak, wajib patuh dan menghormati sang ibu. Mengingat langkah kaki ibu juga menentukan nasib sang anak kelak.

"(Langkah kaki ibu) Membawa ke mana hidup anaknya itu. Itulah sebenarnya, kaki itu bukan dicium kakinya lalu surga, tapi langkah kaki ibu itu menentuklan nasib anak," pungkas Mahfud.


Simak juga video 'Jokowi Ingatkan Peran Besar Ibu Jaga Persatuan Bangsa':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)