TGB Jadi Rebutan

Tsarina Maharani, Rolan - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 20:00 WIB
Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang menjadi rebutan parpol pro-Jokowi. (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kembali bikin geger politik Tanah Air. Tak lagi jadi perbincangan soal kandidat cawapres Jokowi, kali ini jadi rebutan parpol. Kok bisa?

Eks Gubernur NTB ini ternyata jadi rebutan tiga parpol. Lebih menarik lagi, ketiga parpol itu pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni Golkar, NasDem, dan PKB.

Ketum Parpol NasDem Surya Paloh jadi yang pertama mengklaim TGB telah masuk partainya. Sayang sekali, klaim Surya Paloh ditepis langsung oleh TGB.


"Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kiai Ma'ruf Amin," ujar TGB saat dimintai konfirmasi, Senin (17/12).

Dan setelah semakin jelas TGB bergabung ke Golkar, Paloh pun mengikhlaskannya. Paloh menghargai pilihan politik TGB.

"Beliau berhak menentukan arah pilihan politiknya. Yang penting bagi kita, tahu nggak apa? Kemampuan dan kesadaran kita semuanya, Indonesia memerlukan pejuang-pejuang yang memang mempunyai komitmen tetap. Benang merahnya dengan ideologi kebangsaan kita, nah itu. Jadi berbeda-beda partai nggak ada masalah itu," kata Paloh di kantor DPP Partai NasDem, Jl RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (20/12).


Soal bergabungnya TGB ke Golkar sebenarnya juga baru klaim partai berlambang pohon beringin itu. Meski TGB belum bersuara, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah mengumumkan bergabungnya TGB ke Golkar, lengkap dengan jabatan di posisi strategis.

"Tadi malam kami rapat pleno. Nah Ketum menyampaikan pada rapat pleno itu bahwa TGB sudah menyatakan bergabung dengan Partai Golkar. Ketum juga meminta persetujuan bahwa TGB dimasukkan menjadi Ketua Korbid Keummatan. Rapat pleno tadi malam menyetujuinya," kata Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia saat dimintai konfirmasi, Kamis (20/12).

Nah ternyata perebutan TGB tak sampai di situ saja. TGB ternyata juga diincar PKB. Elite PKB terang-terangan mengungkap niat meminang TGB.




"Lebih pas sebenarnya dengan PKB karena lebih religius kan. Agamis-nasionalis itu kan di PKB," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/12).

Namun nasi sudah menjadi bubur, PKB juga tak mau berebut lagi. Partai besutan Cak Imin ini memilih menghormati sikap politik TGB yang sudah berlabuh ke Golkar.

"Tapi kalau itu pilihan politiknya, kita hormati. Katanya kemarin gabung NasDem, ternyata ke Golkar. Mungkin ujung-ujungnya akan ke PKB. Saya doakan itu supaya Pak TGB bareng PKB," ujarnya sembari berharap peluang meminang TGB masih terbuka. (van/dkp)